WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Salah Urus, Seni Tradisi Mendekati Kepunahan

BANDUNG, (PR).- Akibat salah urus, banyak nilai tradisi, kesenian tradisional, serta budaya daerah yang terus mendekati kepunahan. Selain program pemerintah tidak jelas, penempatan pejabat bukan ahli di bidangnya, menjadi penyebab salah urus. Demikian ditegaskan Direktur Tradisi Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI Poppy Safitri saat Temu Tokoh Peranan Perempuan Sunda dalam Perjuangan Bangsa" di Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) Bandung, Jln. Cinambo, Bandung, Kamis (5/8). "Sangat wajar jika banyak kesenian dan nilai tradisi serta kebudayaan di daerah mendekati kepunahan, bahkan hilang atau mati," ujarnya.

Selain akibat dipegang pejabat yang bukan ahlinya, menurut Poppy, pergantian ataupun rotasi pimpinan dinas yang membawahi seni budaya tradisional yang terbilang cepat, juga menjadi penyebab. "Padahal untuk mengurus seni budaya, dibutuhkan waktu untuk mempelajari kesenian dan kebudayaan daerah. Dengan demikian, pejabat bersangkutan akan paham," tuturnya.

Selain sejumlah program yang tidak tepat sasaran, Poppy juga menyayangkan daerah yang tidak menggelar festival atau pertunjukkan budaya dan kesenian. Festival budaya dan kesenian di daerah merupakan wadah kreasi sekaligus upaya melestarikan kesenian dan kebudayaan di daerah. "Sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah menggelar festival kebudayaan dan kesenian daerah. Namun, terkadang dicibir oknum pejabat maupun anggota dewan karena dianggap menghabiskan anggaran," ucapnya. (A-87)***

Sumber: http://bataviase.co.id

Popular Posts