WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Bioskop Keliling Ditekan Untuk Sosialisasi Kebudayaan Bangsa

Jakarta, HanTer - Sosialisasi kebudayaan dan nilai-nilai kebangsaan tak hanya melalui buku mata pelajaran. Sosialisasi tersebut juga bisa disajikan dalam hal yang menarik. Melihat antusiasme masyarakat pada film dan muatan film yang bisa menyampaikan makna. Maka pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kini membuat bioskop keliling.

Hingga saat ini jumlah bioskop keliling sebanyak 60 unit mobil. Bioskop keliling tersebut bisa digunakan sebagai fasilitas hiburan untuk masyarakat secara gratis.

Sasaran utama bioskop keliling adalah lokasi atau daerah yang tidak memiliki bioskop atau fasilitas perfilman. Penyebarannya di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud, seperti museum, Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Bioskop keliling juga diberikan kepada dinas pendidikan dan pasriwisata di wilayah di Indonesia. Sedangkan bioskop keliling yang berada di pusat (Kemendikbud, Jakarta) berjumlah tiga mobil. Satu mobil berada di Museum Nasional, dan dua mobil berada di kantor Kemendikbud, yang dikelola Sesditjen Kebudayaan.

“Kehadiran mobil bioskop keliling diharapkan dapat menyosialisasikan nilai-nilai kebaikan pada masyarakat,” ujar Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan beberapa waktu lalu, Jakarta.

Film yang diputar bioskop keliling haruslah film-film yang sarat dengan pendidikan karakter. Beberapa contoh yakni film Sang Pencerah dan Garuda di Dadaku. Kemendikbud telah membeli hak tayang film-film tersebut.

Bioskop yang dikatakan gratis ini, terkadang memerlukan dukungan masyarakat. Kacung menyatakan, dikondisi tertentu butuh bantuan penyediaan lokasi dan listrik.

“Dibutuhkan bantuan masyarakat juga diwaku tertentu untuk menonon bioskop ini,” katanya.

Dirinya memberitahukan, mobil bioskop keliling Kemendikbud terakhir beroperasi pada 15 November 2014 di Ponpes Fathan Mubina, Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Pemutaran film dimulai pada pukul 20:00 – 23:00 WIB. Judul fim yang diputar adalah 9 Summers 10 Autumns dan Rumah Tanpa Jendela.

Popular Posts