WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Ali Bagente

Ali bagente, dari namanya jelas bahwa makanan ringan ini mendapat pengaruh dari Arab. Ali bagente sering diistilahkan sebagai makanan rakyat, sebabnya bahannya memanfaatkan sisa-sisa nasi yang tidak habis dimakan. Ali bagente menyerupai makanan intip dari Jawa Tengah.

Ali bagente merupakan makanan paling sederhana baik dilihat dari penggunaan bahan, apalagi biaya Ali bagente, maupun cara pembuatannya, bila dibandingkan dengan makanan yang disebut-sebut di atas. Lihat saja bahannya yang hanya berupa kerak nasi liwet yang sudah kering, minyak goreng, gula merah, garam, dan air. Membuatnya: kerak nasi digoreng hingga kuning kecoklatan dan matang lalu diangkat dan ditiriskan. Untuk larutan gula dibuat dengan merebus gula merah, garam, dan air menjadi satu dan dimasak hingga gula larut dan mengental. Alie bagente dihidangkan dengan larutan gula merah dalam sebuah piring.

Sumber: Sumber: Rostiyati, Ani., dkk. 2009. Ragam Makanan Tradisional Betawi. Bandung: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung (Laporan Pendataan Kebudayaan).

Popular Posts