WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Ratusan Seni Tradisional Jabar Diambang Kepunahan

Bandung, Radar Online - Kepala Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPNST) Bandung Toto Sucipto kepada sejumlah media di Bandung kemarin mengatakan, 100 jenis kesenian yang ada di Jawa Barat kondisinya saat ini berada diambang kepunahan. Bahkan, 400 jenis kesenian sudah benar-benar punah. Punah di sini dalam arti pelaku seninya sudah tidak ada,” ujar Toto.

Toto mengungkapkan, di antara ratusan jenis kesenian tradisional yang telah punah tersebut yakni wayang garing yang terdapat di Provinsi Banten, lantaran tidak ada generasi penerus yang mewarisi kesenian tersebut.

“Saat kami melakukan pendokumentasian wayang garing pada tahun 2006, dalangnya masih ada. Setahun kemudian, kami melakukan pendokumentasian kembali ternyata dalangnya sudah meninggal dunia, tetapi anak cucunya tidak ada yang mewarisi.Jadi,kesenian khas Banten ini bisa dikatakan sudah punah,” ujarnya.

Toto mengaku hingga kini belum didapatkan data terbaru mengenai jumlah kesenian yang benar-benar sudah punah, di ambang kepunahan,dan kesenian yang masih hidup.Banyak pihak yang menanyakan hal ini kepada kami.

“Ini menjadi satu dorongan positif bagi BPNST Bandung untuk melakukan update data. Pihaknya melakukan pendokumentasian termasuk perekaman produk budaya sebanyak lima kali dalam satu tahun,” kata Toto.

Upaya tersebut, tandas Toto, juga dilakukan pula untuk jenis produk budaya lainnya seperti nilai sejarah dan perfilman, termasuk budaya kontemporer juga akan melakukan pendokumentasian untuk kesenian kuda renggong,” ujarnya. ( Iwan Permana)

Sumber: http://www.radaronline.co.id

Popular Posts