WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Sebanyak 9 Institusi Laksanakan Tes CPNS di Kampus Unpad

Unpad dipercaya sebagai penyelenggara tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 9 institusi yang dilaksanakan di kampus Unpad Jatinangor pada Minggu (3/11). Seleksi ini diikuti 1169 peserta. Peserta pelamar CPNS ke Unpad sendiri terdiri dari 510 orang, yaitu 249 pelamar dari tenaga honorer dan 261 peserta umum pelamar dosen Unpad.

Sembilan institusi yang mengikuti tes CPNS ini yaitu Unpad, LPMP Jawa Barat, P4TK Bidang Mesin dan Teknik Industri, P4TK IPA Bandung, P4TK TK dan PLB Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Politeknik Manufaktur Bandung, Institut Teknologi Bandung, dan BPNB Bandung.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, dan Tata Kelola Unpad, Prof. Dr. Ir. H. Roni Kastaman, MSIE mengatakan bahwa ini bukan merupakan kali pertama Unpad dipercaya oleh Dikti sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan yang skalanya antar universitas. Sebelumnya, Unpad juga telah beberapa kali dipercaya sebagai penyelenggara tes CPNS. “Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Dikti juga sering mempercayakan kegiatan ke Unpad, dan ternyata track nya bagus. Dari sisi fasilitas juga cukup memadai, sehingga kita dipercayai untuk itu,” tuturnya.

Ujian dilaksanakan di Gedung Dekanat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan Pusat Pelayanan Basic Science Unpad. Materi yang akan diujikan adalah Tes Kemampuan Dasar yang akan dilaksanakan mulai pukul 8.00 WIB. Khusus untuk pelamar tenaga kependidikan dari tenaga honorer, juga akan dilaksanakan Tes Kompetensi Bidang (TKB) mulai pukul 13.00 WIB. Pelaksanaan TKB untuk pelamar dosen akan diumumkan kemudian.

Prof. Roni juga mengungkapkan bahwa akses menuju lokasi seleksi tidak akan terganggu oleh adanya pasar kaget yang setiap hari Minggu biasanya digelar di sekitar gerbang Unpad. “Adanya Pasar Minggu tidak akan pengaruh. Akses tidak ada masalah. Kita sudah persiapkan logistik dan pengamanan juga,” ungkapnya.

Unpad sendiri membuka formasi CPNS dosen untuk 66 orang. Dengan adanya seleksi ini, diharapkan Unpad akan menambah jumlah dosen CPNS baru yang berkualitas agar jumlah rasio dosen dan mahasiswa semakin ideal. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *

Popular Posts