WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Penayangan Film dan Diskusi Kebudayaan di Kabupaten Subang 2014

1. Dasar Pemikiran
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, selain berdampak positif, ternyata juga membawa ancaman bagi kelangsungan dan kelestarian kebudayaan daerah. Antara lain bergesernya peranan dan fungsi kebudayaan itu dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Tidak sedikit unsur-unsur kebudayaan daerah atau tradisi lama yang kini semakin jauh dari masyarakat pendukungnya. Bahkan banyak tradisi yang kini nyaris punah, padahal dalam kenyataannya tradisi tersebut telah mampu membentuk sikap, kepribadian dan karakterister bagi masyarakat pendukungnya. Lebih jauh lagi, tradisi tersebut telah memberikan ciri-ciri dan karakteristik bagi kebudayaan dan kepribadian bangsa. Dalam keadaan seperti itu, upaya penyebarluasan informasi kebudayaan sangat perlu terus dilakukan agar nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam tradisi-tradisi tersebut tidak ikut musnah.

BPNB Bandung mempunyai empat wilayah kerja meliputi: Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Lampung. BPNB Bandung mempunyai fungsi dan tugas pokok melakukan penelitian, pengkajian, pendokumentasian, serta penyebarluasan nilai-nilai sejarah dan budaya yang terdapat di empat wilayah kerja yang dimaksud. Salah satu upaya untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan pendokumentasian adalah melalui kegiatan penayangan film dan diskusi kebudayaan.
Sasaran kegiatan penayangan film dan diskusi kebudayaan ini terutama ditujukan kepada generasi muda, khususnya siswa-siswi SMA. Dalam kesempatan ini, akan ditayangkan film hasil perekaman peristiwa budaya disertai diskusi mengenai nilai-nilai budayanya.

2. Tujuan
Kegiatan Penayangan Film dan Diskusi ini dilaksanakan dengan tujuan:
- Menemukenali nilai-nilai yang terkandung dalam berbagai peristiwa yang tercermin dalam pola kehidupan sehari-hari masyarakat, dan
- Menumbuhkembangkan rasa cinta dan memiliki di kalangan generasi muda atas sejarah dan budaya bangsanya.

3. Tema
Sesuai dengan tujuan kegiatan Penayangan Film dan Diskusi ini yaitu untuk mengenalkan nilai-nilai budaya bangsa sekaligus menumbuhkan rasa cinta, maka kegiatan penayangan pada kesempatan ini bertemakan “Mengenal Tradisi Mencintai Negeri”.

4. Materi
Dasar dari diskusi dalam kegiatan Penayangan Film dan Diskusi Kebudayaan ini adalah tayangan film peristiwa budaya. Terkait dengan itu maka ada dua buah film yang ditayangkan, yaitu: Kesenian Sisingaan dan Upacara Ngabungbang. Adapun Diskusi Kebudayaan yang disampaikan datang dari dua orang pemakalah, yaitu: M. Nana Munajat D, S.Sn yang membawakan makalah berjudul "Ngaguar Beuti Harti Sisingaan". Pemakalah kedua, yaitu Drs. Dasep Arifin, M.Sd menyampaikan makalah berjudul "Ritual Ngabungbang"

5. Peserta
Peserta dalam kegiatan penayangan film dan diskusi ini adalah siswa dan siswi SMA/sederajat dengan guru pendamping, keseluruhannya berjumlah 100 orang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di Aula SMAN 3 Kabupaten Subang.


Popular Posts