WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Siswa SMAN 3 Juara II Nasional

Lomba Jejak Tradisi Nasional

CIKOLE– SMAN 3 Kota Sukabumi patut berbangga. Satu lagi siswanya, yakni Lerezza Supriatna dari siswa Kelas XII IPA menorehkan prestasi di tingkat nasional. Putra pertama Pasangan Dede Supriatna dan Ellen Andi ini mengatakan dirinya mengikuti Lomba Jejak Tradisi Nasional tingkat Nasional di Kota Makassar Sulawesi Selatan pada 24-29 Agustus 2013. Lomba ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Rezza meraih Juara Terbaik II tingkat nasional untuk kategori Kelompok Terbaik. “Kami mewakili Kota Sukabumi dan Jawa Barat (Kota Bandung), Banten, Lampung dan DKI Jakarta untuk lomba ini,”bebernya, kemarin.

Ia mengaku bisa mengikuti Lomba Jejak Tradisi Nasional diawali dari Jejak Tradisi Daerah (Jetrada) yang diadakan di Kota Sukabumi pada 27-30 Juni 2013 yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BNPB) Bandung. “Lomba Jetrada diikuti oleh 120 siswa dari empat Provinsi di antaranya DKI, Jabar, Banten, dan Lampung. Dari sini diambil delapan terbaik untuk mewakili provinsi tersebut di tingkat nasional,”jelasnya.

Ia menjelaskan dalam lomba tersebut Rezza observasi lapangan tentang budaya yang ada di Makassar. “Setelah itu secara kelompok (delapan siswatermasuk Rezza, red) kami membuat laporan atau makalah yang dikumpulkan lalu dipresentasikan di hadapan seluruh peserta dan juri dari Kemendikbud.Jurinya rata-rata dosen dan profesor,”sebutnya. Presentasi yang dilakukan, imbuhnya, sekitar 40 menit. Penyampaian yang disampaikan Rezza dan kawan-kawan dari BPNB Bandung memukau penilaian tim juri. Hasilnya, Rezza dan timnya meraih Juara II Terbaik di bawah DIY Yogyakarta yang meraih nilai tertinggi dan juara pertama. “Tujuan kita di lomba ini untuk mengembangkan budaya tanah air. Harapannya semua siswa di Kota Sukabumi pada khususnya juga di tanah air pada umumnya bisa melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia,”pungkasnya. Sekadar diketahui, Lomba Jejak Tradisi Nasional sudah ketiga kalinya diselenggarakan. Lomba ini, imbuhnya diselenggarakan tiap tahun. (dit)

Popular Posts