WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Festival Budaya Nusantara 3 Kembali Digelar ISBI Bandung

Bandung: Festival Budaya Nusantara (FBN) ke 3 Kembali digelar dengan mengangkat 6 budaya Rumah Adat yang ada di Jawa Barat. FBN 3 yang digelar oleh Program Studi Antropologi Budaya Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung, pada senin 18 November 2019, merupakan bagian memposisikan Intitut Seni Budaya Indonesia Bandung, untuk memberikan informasi budaya di Nusantara termasuk wilayah Jawa barat.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Sistem Informasi dan Kerjasama ISBI Bandung Dr. Suhendi Afryanto menjelaskan pada RRI di Teater Kebun ISBI, Jumat (15/11/2019). Pada FBN ke 3 kampung adat akan menjadi skala prioritas ISBI, mempertajam Antropologi budaya yang ada di ISBI Bandung, serta berupaya menempatkan Antropologi budaya menjadi pusat kajian di masyarakat.

"Terkait dipilihnya kampung adat pada FBN ke 3, bertujuan untuk bersinergi dengan masyarakat kampung adat, serta keperdulian ISBI bahwa kampung adat masih mempunyai nilai nilai normatif.
Festival ini bagian dari bagaimana renstra itu memposisikan ISBI sebagai pembinaan wilayah adat tertentu," ungkap Suhendi.

Menurut Suhendi, setiap tahun kegiatan festival yang digagas fakultas maupun prodi, adalah bagian dari ISBI untuk menjembatani setiap persepsi dan kontribusi pada masyarakat, akan fungsi dari perguruan tinggi seni budaya, selain itu juga dapat menjadi sumber belajar itu materi perkuliahan.

Disinggung perubahan nomenlatur dari STSI ke Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), secara filosofi tanggung jawab ISBI lebih besar, karena berkaitan dengan budaya secara makro, salahsatunya setiap tahun prodi antropologi didorong untuk menghadirkan budaya nusantara agar dapat terpetakan, walaupuan Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung masih muda, tetapi kontribusinya sudah terasa bermanfaat.

Pada Kesempatan itu Dekan Fakultas Budaya Media Dr. Sri Rustiyanti mengatakan, berkat bantuan BPNB Jawa Barat, ISBI dapat mengundang 6 kampung adat yaitu kampung cirendeu, kampung cikondang, kampung dukuh, ciptaresmi, kampung naga dan kampung ciptagelar.

"Pada Festival Budaya Nusantara nanti para sesepuh adat akan meberikan kiat dalam menjaga tradisi budayanya, dan menampilkan budaya seni ciri khas dari masing masing kampung adat, kegiatan ini sebagai bentuk penyampaian bahwa prodi Antropologi Budaya di ISBI dapat menjadi acuan untuk merawat adat budaya, dan pengembangan kebudayaan menuju digitalisasi 4.0." jelas Sri.

Untuk itu Prodi Antropologi Budaya ISBI didorong untuk menghadirkan budaya nusantara, yang dapat berkontribusi perguruan tinggi kepada masyarakat, sebagai upaya menjaga dan melestarikan budaya, salah satunya dengan gelaran festival Budaya Nusantara ke 3 akan yang segera digelar pada hari senin.
Dengan rangkaian gelaran yaitu Seminar nasional, display kampung adat, pemutaran film "Ngarawat Nyi Sri" serta seni pertunjukan karinding, terbang sejak, beluk, rengkong, dogdog lojor dan jipeng.

Sumber: http://rri.co.id/bandung/post/berita/747574/warta_budaya_dan_wisata/festival_budaya_nusantara_3_kembali_digelar_isbi_bandung.html

Popular Posts