WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Disparbud Kabupaten Garut Bekerjasama dengan DKM Mesjid Agung Garut serta BPNB Selenggarakan Semarak Tahun Baru Islam 1441 H

Garut - Momentum Penting Tingkatkan Budaya Bernafaskan Religi menyabut tahun baru 1 muharam 1441 H.

Semarak menyambut Tahun Baru Islam 1441 H yang memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh berbagai kalangan se-Antero Kabupaten Garut secara serentak dengan menampilkan berbagai macam ragam Helaran seni budaya bernafaskan Islam.

Untuk tingkat Kabupaten, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut yang bekerjasama dengan DKM Mesjid Agung Garut serta Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) juga menyelenggarakan Semarak Tahun Baru Islam berlokasi di Lapang otista, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Garut Jawa Barat.

Perayaan yang dihadiri Anggota Komisi X DPR-RI, H. Ferdiansyah, Danrem 062/TN yang diwakili, Bupati Garut, H. Rudy Gunawan SH. MH. MP., Kapolres Garut yang diwakili., Dandim 0611/Garut yang diwakili, Wakil Bupati Dr. Helmi Budiman, Jajaran Kepala SKPD, Para santri serta tamu undangan lainnya.

Kadisparbud yang sekaligus ketua pelaksana kegiatan Budi Gangan Gumilar dalam sambutannya mengatakan dengan diadakannya festival Tahun baru islam 1 Muharam 1441 H, bertujuan untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah. Sabtu (31/08/2019).

“Khususnya untuk masyarakat Garut dan umat islam, mewujudkan sinegritas akselerasi pemajuan kebudayaan untuk kekuatan ekonomi nasional, mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kepada dunia serta melestarikan seni budaya tradisional daerah Indonesia.” ungkapnya.

Lanjut Kadisparbud, kegiatan yang diselenggarakan mulai dari pameran dan bazaar, lomba tahfidz Al-Qur’an, seni marawis sampai wayang golek jadi kegiatan tersendiri yang mampu menghipnotis beribu pasang mata yang menyaksikan Festival di Alun – Alun Garut.

“Diharapkan Festival ini mampu memberikan hiburan tersendiri kepada masyarakat Garut sekaligus memperingati Tahun Baru Islam bagi Umat islam yang merupakan hal sangat penting sebagai tradisi mempertahankan kelestarian budaya Kabupaten Garut.” imbuhnya.

Dilain pihak Danrem 062/TN melalui Kapenrem, Mayor inf. Aat Supriatna menyambut baik dengan adanya perayaan menyambut Tahun Baru Islam tersebut. Pihaknya mengapresiasi apa yang telah diupayakan oleh pemkab Garut.

“Atas nama Pimpinan Korem 062/TN kami ucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1441 H, semoga momentum ini menjadikan kita senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan dengan gelaran seni budaya bernafaskan Islam kita berharap akan lebih memberikan nuansa religi yang dibalut dengan budaya yang sejalan dengan norma dan kaidah kehidupan berbangsa dan bernegara.” pungkasnya

Sumber: https://86news.co/2019/08/31/disparbud-kabupaten-garut-bekerjasama-dengan-dkm-mesjid-agung-garut-serta-bpnb-selenggarakan-semarak-tahun-baru-islam-1441-h/

Popular Posts