WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Ini Giat Festival Kesenian di Karangkancana

Kuningan - Dalam upaya melestarikan kesenian tradisional, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat bekerjasama dengan Disdikbud Kabupaten Kuningan menggelar wayang golek di balai desa Karangkancana, Sabtu (31/08/2019). Kegiatan dibuka Wakil Bupati M Ridho Suganda ditandai penyerahan buku secara simbolis dari Kepala BPNB Jumhari SS berjudul 30 Tahun BPNB.

Menurut Kabid Kebudayaan Disdikbud Kuningan, Dodon Sugiarto SPd, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka turut memeriahkan Hut RI ke 74, Hari jadi Kuningan ke 521 dan rintisan milangkala desa Karangkancana ke 68. Para penampil acara, dipilih beragam dan digarap oleh sanggar- sanggar seni yang ada di Kuningan, dengan tujuan sebagai upaya revitalisasi kesenian tradisional yang dikemas dalam bentuk festival.

“Dipilihnya desa Karangkancana sebagai fokus kegiatan, dimaksudkan untuk berbagi kegiatan hiburan dalam rangka syukuran hari kemerdekaan dan hari jadi sekaligus sebagai upaya menggeliatkan aktifitas senibudaya dan pariwisata di wilayah Kuningan timur,” katanya.

Urutan acara dimulai sejak hari Jum’at setelah usai jumatan, masyarakat turun ke Sungai Citaal untuk melakukan tradisi marak, dan pada malam harinya digelar Bioling (bioskop keliling) yang memutar film edukasi dan sejarah, kemudian dilanjut hari sabtu berupa festival seni.

Sementara, sanggar-sanggar seni yang turut ambil bagian pada festival tersebut antara lain, kesenian Tayuban sanggar Nekar Wargi desa Jamberama, Calung Galeor desa Nusaherang, seni Celempungan sangar Lokanabta desa Karangtawang, seni Gembyung grup Yudha Tana Kencana Karangkancana, seni Genjring dari sanggar Katiasalaras desa Citangtu dan pagelaran wayang golek semalam suntuk bersama dalang Apep HR Hudaya dari Bandung.(H WAWAN JR)

Sumber: https://www.kuninganterkini.com/wisata/9719-ini-giat-festival-kesenian-di-karangkancana

Popular Posts