WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Sawen Penolak Bala pada Masyarakat Kampung Banceuy

Jurnal Penelitian Edisi 40/April 2008

Dra. Ria Andayani S.

Abstrak

Sawen, lengkapnya Sawen Tulak Bala, adalah cara tradisional yang dipercaya oleh masyarakat Banceuy dapat menolak berbagai gangguang kekuatan gaib dan wabah penyakit. Kepercayaan itu merupakan warisan leluhur mereka yang sudah berlangsung secara turun-temurun.

Unsur inti sawen adalah jenis-jenis tumbuhan tertentu yang dianggap mengandung kekuatan magis. Jenis-jenis tumbuhan itu dicari dan dikumpulkan secara kolektif, dengan jumlah sesuai yang diperlukan. Melalui ritual khusus, tiap jenis tumbuhan diikat menjadi beberapa gulungan. Ritual dengan media kemenyan dan lain-lain, dipimpin oleh seseorang yang disebut abah. Sawen kemudian ditempat pada tempat tertentu, baik di rumah maupun di luar rumah.

Dalam penelitian diketahui, bahwa makna sawen beserta ritualnya, berhubungan erat dengan beberapa aspek kehidupan, antara lain religi (kepercayaan), kesehatan, dan kepemimpinan. Ritual-ritual yang berkaitan dengan sawen, selain bermakna sebagai pelestarikan tradisi leluhur, juga merupakan media silaturahmi dan kebersamaan, sehingga terjadi hubungan erat dan harmonis di kalangan masyarakat.

Kata kunci: Sawen. Kepercayaan Tradisional.

Popular Posts