WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Seminar Hasil Penelitian Arsitektur Tradisional Rumah Masyarakat Kampung Wana di Lampung Timur

Salah satu program kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung tahun anggaran 2012, adalah melakukan Kajian mengenai Arsitektur Tradisonal Rumah Masyarakat Kampung Wana di Lampung Timur. Kajian tersebut telah terselenggara dengan baik, hasilnya perlu dipresentasikan dengan tujuan untuk menambah data yang terlewat dan untuk menyempurnakan hasil kajian itu sendiri.

Adapun tujuan penyelenggaraan presentasi adalah: (1) menumbuhkan kesadaran akan budaya yang dimiliki mayarakat baik yang sudah terdokumentasi ataupun belum; (2) memperkenalkan kepada masyarakat luas dan generasi muda pada khususnya mengenai jenis-jenis arsitektur rumah yang dimiliki masyarakat yang berada di wilayah kerja BPNB Bandung yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Lampung; dan (3) mendaftarkan Karya Budaya tersebut ke UNESCO agar diakui sebagai warisan Budaya milik Indonesia.

Presentasi dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2012 di Provinsi Lampung Kajian dengan peserta sebanyak 50 orang, terdiri atas budayawan, sejarahwan, guru sejarah dan kesenian, serta perwakilan kantor yang menangani masalah kebudayaan, serta perwakilan di Provinsi Lampung.









Popular Posts