WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Budaya Mencatat Masih Belum membudaya Dimasyarakat

Jakarta,Indonesiaxpost – Indonesia kaya akan sumber daya alam, tapi indonesia juga kaya akan budaya, demikian dikatakan Jaya Suprana ketika sebagai nara sumber dalam sosialisasi nominasi warisan budaya dunia tak benda, kamis 22 – 11 – 2012 di hotel merlyn park hotel.

Sosialisai budaya ini dimaksud sebagai upaya memasyarkatkan budaya tak benda dikalangan masyarakat. Pasalnya selama ini banyak hasil budaya kita yang diklaim oleh Negara lain. Selain itu, dalam menentukan hasil budaya tersebut Indonesia masih sangat kesulitan.

Masalah tersebut terkendala oleh adanya persoalan – persoalan internal. Dalam penelitian juga kita masih terkbatas pada lingkungan pemerintah, belum sampai pada tingkatan masyarakat luas. Ujar Toto Sucipto.

Kelemahan ini mejadi persoalan bagi BPNB terutama dalam mendata hasil budaya yang ada di Indonesia. maka wajar kata Jaya Suprana, bahwa kita selalu berkiblat ke UNUSECO, didalam menentukan sikap budaya.

Kedepan, sambung Toto Sucipto, bahwa kita harus melepaskan diri dari UNESCO, bila kita sudah memiliki seperangkat peralatan memadai.

Ada sekitar 11 Balai yang ada di Indonesai, terang Toto, kesebelas Balai Penelitian itu sekarang sudah beralih fungsi. Bukan itu saja, Balai-balai yang ada itu terkendala sehingga menjadi stagnasi didalam melaporkan hasil penelitian, ujarnya.

Masyarakat kita masih belum menjadi terbiasa untuk melakukan pencatatan, penulisan maupun pendekomentasiaannya sebagai salah satu bentuk hasil budaya yang akan dikembangkan. (leg)

Popular Posts