WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2013 di BPNB Bandung


Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bandung pada tanggal 1 oktober 2013 melaksanakan peringatan hari kesaktian pancasila yang didasarkan atas instruksi yang disampaikan oleh ditjen kebudayaan kemdikbud tentang keharusan untuk melaksanakan upacara tersebut.
Upacara hari kesaktian pancasila dilaksanakan bertempat di aula BPNB Bandung jam 8 pagi WIB. Pada pelaksanaan upacara kali ini, bertindak selaku pemimpin upacara adalah Drs. Toto Sucipto, sedangkan para petugas upacara yaitu Dadi Abdul Kohar selaku komandan upacara, Agus Setiabudi, S.Ip selaku pembaca Pancasila, Iim Imadudin, S.S. selaku pembaca doa, dan Devi Avliani Heryanto, A.Md selaku dirigen.
Drs. Toto Sucipto, (Kepala BPNB Bandung) selaku pemimpin upacara, sebelum membacakan pidato Ditjen Kebudayaan, beliau menyampaikan arti penting pancasila yang merupakan ujung tombak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Sementara itu, dalam penyampaian doa bersama, beliau mengajak peserta upacara untuk memanjatkan doa untuk keluarga, kerabat, dan terutama para pahlawan yang mengorbankan nyawa mereka demi tegaknya pancasila.
Setelah upacara hari kesaktian pancasila selesai dilaksanakan, seluruh peserta upacara bersalam-salaman. Sebuah kebiasaan yang diupayakan untuk menjadi tradisi demi menjaga tali silahturahmi antar seluruh pegawai BPNB Bandung. Selain itu, sebagai tanda rasa syukur atas keteguhan pancasila setelah dirongrong oleh gerakan 30 september, secara sederhana BPNB Bandung menyediakan cemilan tradisional untuk dinikmati oleh seluruh peserta upacara.

Popular Posts