WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

BPNB Jabar Gelar Lawatan Sejarah Daerah Lampung Bersama Ratusan Pelajar

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB ) Jawa Barat kembali menggelar kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda) 2016 ke Provinsi Lampung. Provinsi Lampung menjadi pilihan kunjungan karena memang masuk wilayah kerja BPNB Jabar yang meliputi Lampung, Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai 28 sampai 30 Maret 2016 tersebut, diikuti sebanyak kurang lebih 150 peserta pelajar tingkat SMA dan guru-guru pembimbing yang mewakili ke empat wilayah kerja BPNB Jabar.

“Lawatan sejarah tahun ini dipilih Lampung karena sudah lama kita tidak melaksanakannya di sana. Kali ini diikuti sebanyak 150 siswa, mayoritas siswa dari Provinsi Lampung. Dari Bandung kami hanya membawa setengahnya,” papar Toto Sucipto, Kepala BPNB Jabar saat pelepasan rombongan (27/03/16) di Kantor BPNB Jabar, Jalan Cinambo No. 136 Bandung.

lampung 2Setelah menempuh perjalanan cukup panjang dan menyeberang Selat Sunda selama dua jam, akhirnya rombongan pun tiba Senin pagi (28/03/16) dan langsung disambut jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Prov. Lampung di Masjid Kubah Intan, Kalianda, Lampung. Kemudian diteruskan menuju lokasi lawatan pertama ke Makam Radin Intan II yang merupakan salah satu pejuang Lampung.

Di hari pertama, kegiatan pun diisi pula dengan penyuluhan anti narkoba dari BNN Lampung dan pemaparan objek-objek sejarah di Lampung dari Disdikbud Prov. Lampung. Selanjutnya pada hari kedua dan ketiga, peserta diajak melawat ke situs-situs bersejarah dan kegiatan lainnya yang ada di wilayah Lampung, diantaranya Situs Purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur, Museum Negeri Lampung “Ruwa Jurai”, praktik membatik dari UKM Sentra Batik Lampung, dan Sentra oleh-oleh keripik pisang khas Lampung.

Selama kegiatan para peserta terlihat begitu semangat dan antusias mengikutinya, seperti yang diungkapkan M. Ghyfari perwakilan dari SMAN 1 Cilegon, Banten, “Saya senang mengikuti kegiatan ini, selain menambah pengetahuan tentang kesejarahan di Lampung, saya juga bisa bertukar budaya, seperti bahasa dari daerah lain dengan teman sebaya. Ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa”.

Kegembiraan yang sama juga dirasakan, Ambar Dewati, dari SMAN 1 Pekalongan, Lampung Timur. “Saya merasa sangat gembira bertemu duta-duta pilihan dari sekolah masing-masing, banyak unsur candaan jadi lebih erat silaturahmi,” paparnya.

Saat penutupan kegiatan, BPNB Jabar yang diwakili Agus Setiabudi, Kasubbag TU BPNB Jabar mengatakan, “Alhamdulillah kegiatan lawatan sejarah di Lampung yang berlangsung selama tiga hari berjalan lancer. Terima kasih kepada para peserta yang tetap semangat belajar sejarah meskipun medan cukup berat. Mudah-mudahan ke depannya kita dapat menambah kuota peserta hingga 200 peserta”. (IWN)

Popular Posts