WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Hubungan Lampung-Banten dalam Perspektif Sejarah

Oleh Iim Imadudin, S.S.

Abstrak
Hubungan Lampung dengan Banten di panggung sejarah berlangsung dalam kurun waktu yang panjang. Ditemukannya prasasti berhuruf Arab di Lampung, menunjukkan kuatnya pengaruh Banten dalam proses penyebaran agama Islam ke daerah tersebut. Hubungan kuat antara kedua daerah itu disebabkan oleh komoditas dan perdagangan lada. Lampung sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil komoditas lada yang merupakan potensi penting di Nusantara, sedangkan Banten adalah bandar lada internasional.

Eratnya hubungan antara Lampung dengan Banten menyebabkan kokohnya ikatan kekeluargaan warga dua daerah itu. Migrasi sosial antar penduduk kedua daerah itu berlangsung cukup dinamis, dengan berbagai motif yang menggambarkan hubungan saling membutuhkan.

Kajian tentang hubungan Lampung dengan Banten dalam perspekitf sejarah, penting artinya dalam kerangka memperkokoh integrasi bangsa. Hubungan kedua daerah itu memberikan pelajaran, bahwa nasionalisme kultural dapat menyatukan wilayah di Indonesia dengan segala perbedaannya.

Diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Vol. 40, No. 3, Desember 2008

Popular Posts