WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Budaya Spiritual di Lingkungan Makam Sultan Maulana Yusuf

Oleh: Drs. Yuzar Purnama

Abstrak
Budaya spiritual antara lain dimanifestasikan dalam bentuk kunjungan (wisata) ke tempat-tempat yang dianggap mengandung unsur religi. Tempat dimaksud antara lain makam yang dianggap mengandung keramat, seperti makam Sultan Maulana Yusuf di Desa Margaluyu Kecamatan Kasemen kabupaten Serang, Banten.

Makam Sultan Maulana Yusuf dianggap keramat, karena sultan itu adalah salah seorang tokoh penyebar agama Islam. Semasa hidupnya ia banyak berbuat kebajikan dan kemaslahatan bagi masyarakat. Ia adalah Sultan Banten yang mampu menundukkan raja dan masyarakat Kerajaan Sunda yang bergama Hindu/Budha. Dalam masa kepemimpinannya, Sultan Maulana Yusuf juga berhasil memajukan dan mensejahterakan rakyatnya.

Keberhasilan sultan itu berkaitan erat dengan kepemimpinan, kewibawaan, dan penguasaan ilmu agama (Islam). Oleh karena itu, di lingkungan makam Sultan Maulana Yusuf kemudian timbul dan berkembang budaya spiritual. Penelitian/tulisan ini mencoba menggambarkan bagaimana perkembangan budaya spiritual di lingkungan makam tersebut, baik di kalangan penduduk setempat maupun di kalangan pejiarah.


Diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Vol. 40, No. 2, Agustus 2008

Selengkapnya download pdf dari http://isjd.pdii.lipi.go.id/

Popular Posts