WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Fakultas Harus Kelola Keotonomian Secara Profesional dan Bijaksana

Pada 1 November lalu, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad genap berusia 56 tahun. Puncak peringatan dies FIB Unpad sendiri digelar pada Senin (3/11) lalu di aula Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Unpad. Dalam pidatonya, Dekan FIB Unpad Drs. Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., Ph.D mengatakan bahwa FIB Unpad harus mampu menjadi fakultas yang dapat mengelola keotonomiannya dengan profesional dan bijaksana.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FIB Unpad juga menyampaikan berbagai hal yang telah dicapai oleh FIB Unpad. Diantaranya, dalam bidang kerja sama FIB Unpad telah menjalin kerja sama dengan Khampaeng Phat Rajabhat Univeristy of Thailand, University of Nayla Republik Sudan, dan La Rochelle University Prancis pada tahun 2014.

Selain itu, kerja sama juga dijalin dengan instansi lain seperti PT Garuda Indonesia, PT OS Service Indonesia, Sumitomo Fundation Jepang, Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat, Pemda Kabupaten Sumedang, dan PT Bina Media Tenggara atau The Jakarta Post.

Upaya membangun jejaring kerja sama pun terus dilakukan diantaranya dengan Penza University Russia, Rutgers University Amerika Serikat, Sonkla University Thailand, Queensland University Australia, dan Institut of Teacher Education Campus Tun Hussein Onn Johor Malaysia.

Terkait Career Development Center (CDC) FIB Unpad, upaya membangun jejaring kerja sama juga dilakukan diantaranya dengan Nikkei Asia dan Family Mart Jepang. Kerja sama dengan dunia usaha ini selain untuk memperpendek masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan juga dalam rangka mewujudkan berdirinya CDC di FIB Unpad.

Selanjutnya Dekan juga mengapresiasi sejumlah prestasi yang diraih oleh mahasiswa FIB Unpad. Salah satunya adalah peraih juara umum pada Festival Kebudayaan Arab se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Gajah Mada.

Puncak dies natalis ke-56 FIB Unpad ini diisi dengan acara utama orasi Ilmiah oleh Susi Machdalena, Ph.D. (dosen Prodi Bahasa dan Sastra Rusia) dengan judul “Peran Bahasa dan Budaya Sebagai Pembentuk Kepribadian dan Karakter Bangsa”.

Dalam orasinya, Susi menyampaikan kepribadian dan karakter bangsa Rusia yang tercermin dari Bahasa Rusia. Susi juga mengutip pepatah dari Bahasa Rusia “без труда ничего не даётся” yang berarti “tanpa berkarya tidak akan dapat apa-apa”. Pepatah tersebut menunjukan bahwa setiap orang harus bekerja demi kelangsungan hidupnya.

Selain orasi ilmiah, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan piala kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangkaian dies natalis ke-56 FIB Unpad. Selain itu Dekan FIB Unpad juga menerima piala dari Tim Festival Kebudayaan Arab Se-Indonesia yang berhasil menjadi juara Umum.*

Rilis oleh: FIB Unpad / art

Popular Posts