WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Kwarda Pramuka Jabar Lantik Saka Pramuka Widya Budaya Bakti

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, Dede Yusuf Macan Effendi melantik dan mengukuhkan jajaran pimpinan dan pengurus Satuan Karya (Saka) Pramuka Widya Budaya Bakti Kwarda Gerakan Pramuka Jabar di Aula Bale Trisatya, Gedung Kitri, Jalan Cikutra Bandung, Kamis (12/11/15).

Saka Widya Budaya Bakti merupakan bentuk kerjasama Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kwarda Gerakan Pramuka Jabar, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar. Pembentukan saka tersebut merupakan salah satu upaya melibatkan semua elemen dalam pelestarian budaya sebagai kekayaan dan jatidiri bangsa.

Menurut Toto Sucipto, Kepala BPNB Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, “Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menilai kebudayaan sebagai pembentuk karakter bangsa perlu diselamatkan. Pembentukan Saka Widya Budaya Bakti, karena melihat kegiatan Pramuka sebagai kegiatan positif banyak diikuti generasi muda. Pramuka sangat tepat dan mampu menjadi pelestari, pengembang, dan pihak yang memanfaatkan karya budaya”.

“Sebagaimana yang dicanangkan di tingkat nasional Saka Widya Budaya Bakti, merupakan implementasi Permendikbud No. 62 dan 63 tahun 2014 tentang ekstrakurikuler wajib dengan krida dalam Saka Widya Budaya Bakti. Diharapkan, keterlibatan masyarakat secara aktif dalam pelestarian budaya bangsa akan dapat dilakukan,” sambung Toto yang juga dilantik selaku Majelis Pimpinan Saka Widya Budaya Bakti.

Hal senada juga diungkapkan Dewan Pembina Saka Widya Budaya Bakti Jawa Barat Nunung Sobari yang juga menjabat Kepala Disparbud Jabar, “Dibentuknya Saka Widya Budaya Bakti merupakan tonggak penyelamatan nilai- nilai budaya. Selama ini, kegiatan kepanduan atau kepramukaan sangat identik dengan berbagai hal yang positif dan menjaga nilai-nilai kehidupan. Karenanya sangatlah tepat, melibatkan pramuka dalam penyelamatan budaya”.

Sementara itu, Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Barat, Dede Yusuf menuturkan, keterlibatan Gerakan Pramuka dalam penyelamatan budaya bangsa, sudah dilakukan. “Pramuka tumbuh dari nilai-nilai budaya asli bangsa dan Pramuka dalam gerak kegiatan menjaga nilai-nilai tersebut,” tegasnya.

Dede pun berharap, pelantikan dan pengukuhan Saka Widya Budaya Bakti tersebut bukan hanya sebatas seremonial belaka, tetapi diimplementasikan dalam program dan kegiatan nyata.

Popular Posts