WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Gambang Keromong

Gambang Keromong adalah salah satu jenis kesenian Betawi. Kesenian ini lahir dari kalangan masyarakat Betawi pada masa penjajahan Belanda. Ketika itu para jawara yang dijadikan mandor oleh orang-orang Belanda menghimpun para guru tari dan para penyanyi yang bekerja di rumah-rumah orang Belanda dan pekerja pada tuan tanah untuk membuat hiburan sebagai pengisi waktu luang. Dari situ maka lahirlah kesenian gambang kromong yang hinga kini menjadi icon masyarakat Betawi.

Gambang Keromong merupakan salah satu jenis kesenian yang hidup dan berkembang di kalangan masyarakat Betawi di daerah pinggiran Jakarta dan Bekasi. Kesenian ini termasuk ke dalam jenis seni musik pertunjukan untuk mengiringi seorang penyanyi. Alat musik utamanya adalah “gambang” dan kromong, serta kendang. Kesenian ini hingga kini masih sering dipergelarkan di kalangan masyarakat Betawi, baik di daerah DKI pinggiran maupun di wilayah Bekasi Jawa barat.

Hingga kini kesenian ini masih hidup di daerah Bekasi. Di Kecamatan Tambun ada beberapa padepokan yang menekuni kesenian Gambang Keromong ini.

Sumber: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbjabar

Popular Posts