WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat: Budaya & Sejarah Itu Penting

Pentingnya melek nilai-nilai budaya dan sejarah, terutama di kota Cirebon diamini oleh sebagian masyarakatnya. Terlebih, nilai-nilai budaya lokal kini harus beradaptasi dengan kondisi kekinian.

Untuk itu, Balai Pelestarian Kebudayaan Jawa Barat (BPNB) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan edukasi nilai-nilai budaya budaya kota Cirebon. Hadir sebagai fasilitator Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) kota Cirebon turut serta mensukses kan pelaksanaan kegiatan ini.

Bertempat di gedung aula Sman 7 kota Cirebon (10/10), acara yang diisi dengan penayangan film proses tradisi muludan dan pegiat seni tari topeng, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Mengusung Tema “Mengenal Tradisi Mencintai Negeri”, hadir sebagai pemateri I, H. Tohidi S.E M.M selaku Kabid Pariwisata DKOKP dalam penatarannya, ia mengatakan bahwa hal tersulit dalam memajukan potensi wisata kota Cirebon adalah regulasi dan harmonisasi antara stakeholder, karena keberadaan “budaya” merupakan salah satu potensi wisata daerah.

“Yang jadi persoalan dari Cirebon kalau ngomong potensi wisata ya belum adanya harmonisasi antara pihak-pihak terkait,” paparnya.

Sebagai event yang diharap kan implementasi nyata dari seluruh peserta yang hadir, kegiatan ini pun menayangkan film dokumenter tentang tradisi muludan dan pegiat seni tari topeng Cirebon, sebagai upaya dinamisasi kepada para peserta yang mayoritas diisi oleh anak-anak didik dan guru seni budaya, perwakilan dari SMA/ SMK kota se-Cirebon dan guru mapel Seni Budaya pun diemban tugas sebagai media.

Tujuannya tentu saja agar nantinya setelah acara mereka bisa memberikan informasi dan bahkan turut melestarikan sejarah dan nilai-nilai budaya kota Cirebon.

Peserta didik dari Sma 5, Kevin (16), berkomentar mengenai acara yang digagas oleh BPNB ini,

“Bagus acaranya karena ada filmnya cuma kurang menarik pas penatarannya,” ungkapnya kepada tim infocrb.

Kasie Kesenian DKOKP Dede Wahidin S.Sn selaku pemateri II, menuturkan bahwa upaya pelestarian baik nilai budaya dan seni tari sudah dan selalu digalakan oleh kami sebagai dinas yang bertanggung jawab
.

“Kalau ditanya upaya pelestarian seni tari, kita sudah lakukan dan ke depan pun kita akan terus melakukan upaya pelestarian melalui event-event dan masukan dari pelaku-pelaku seni di Cirebon,” pungkasnya. (Tgr)

Sumber: https://infocrb.com

Popular Posts