WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Tanamkan Nilai Budaya, BPNB-Disdikbud Kota Serang Putar Film Budaya

Serang - Menanamkan nilai-nilai budaya pada generasi muda, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Serang menggelar pemutaran film dan diskusi nilai budaya, di Aula SMKN 2 Kota Serang, Kamis (25/7/2019) lalu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengenalkan keanekaragaman budaya ke generasi muda. Saat ini generasi muda jauh dengan budaya lokal.

Pamong Budaya BPNB Jawa Barat Titan Firman mengatakan, pemutaran film tersebut diharapkan generasi muda mengenal kemudian cinta dan bangga terhadap budaya lokal, dan melestarikan budaya lokal khususnya di Kota Serang.

“Kami ingin mengenalkan budaya yang ada di Kota Serang kepada pelajar melalui pemutaran film. Dalam kegiatan tersebut ada dua materi yakni Maulid Nabi dan Ruwat Bumi. Kemudian diskusikan makna dan nilai budaya didalamnya seperti Maulid Nabi itu ada unsur gotong royong dan kreativitas,” kata Titan kepada Kabar Banten.

Kepala bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Kota Serang Evi Shofiyah Usman mengatakan, panjang mulud dan ruwat bumi merupakan tradisi yang ada di Kota Serang yang sampai saat ini masih ada, karena dikenal oleh masyarakat supaya tidak punah di masyarakat. Tidak hanya di masyarakat, Disdikbud Kota Serang mengenalkan tradisi tersebut kepada instansi.

“Kegiatan panjang mulud tersebut masih ada di kampung-kampung namun jika di perumahan sudah jarang dan tidak ada. Sehingga memang kami melakukan pembinaan dan pelestariannya serta dimanfaatkan supaya tradisi tersebut tetap ada,” ujarnya.

Ia berharap, generasi muda di Kota Serang benar-benar mencintai kearifan lokal yang dimiliki serta mencintai keanekaragaman budaya yang ada. Bangga dan cinta terhadap budaya serta dapat melestarikan budaya-budaya yang ada di daerahnya.

“Mengenal lebih dalam dan mau menjaga, mau memanfaatkan serta mau melestarikannya supaya orang lain akan mengenal keanekaragaman Kota Serang dari berbagai keanekaramannya,” tuturnya. (DE/YA)*

Sumber: https://www.kabar-banten.com/tanamkan-nilai-budaya-bpnb-disdikbud-kota-serang-putar-film-budaya/

Popular Posts