WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Asinan Betawi

Makanan yang disebut sebagai asinan sebenarnya bukan hanya dikenal di kalangan masyarakat Betawi. Asinan juga dikenal ada di Bogor, Bandung, Cianjur, dan lain sebagainya, dengan khasnya masing-masing. Perbedaan yang nyata terlihat pada asinan Betawi yaitu asinan Betawi bahannya didominasi oleh sayur mayur yang dipadu dengan bumbu pedas manis dan diperkaya oleh rasa gurih dari kacang tanah goreng.

Bahan asinan Betawi ada: tauge, ketimun, kol besar, daun ketimun, tahu kecil, lokio, lobak putih, cabe merah, gula merah, cuka aren, kacang tanah, kerupuk mie, dan kerupuk bawang. Terkecuali taoge, masing-masing sayuran dipotong-potong, begitu pula dengan tahunya. Adapun bahan untuk bumbunya seperti cabe merah digerus, kacang tanah digoreng, dan gula merah dibuat larutan air gula. Menghidangkannya di atas piring dengan terlebih dulu menaruh sayuran kemudian di atasnya disiram kuah bumbu lalu
ditaburi kacang tanah goreng dan diberi kerupuk. Asinan terasa segar disantap di siang hari.

Sumber: Rostiyati, Ani., dkk. 2009. Ragam Makanan Tradisional Betawi. Bandung: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung (Laporan Pendataan Kebudayaan).

Popular Posts