WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Penayangan Film dan Diskusi Kebudayaan, Bandung 2011

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, selain berdampak positif, ternyata juga membawa ancaman bagi kelangsungan dan kelestarian kebudayaan daerah. Antara lain bergesernya peranan dan fungsi kebudayaan itu dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Tidak sedikit unsur-unsur kebudayaan daerah atau tradisi lama yang berdasarkan pada kearifan lokal, kini semakin jauh dari masyarakat pendukungnya. Bahkan banyak tradisi yang kini nyaris punah, padahal dalam kenyataannya tradisi tersebut telah mampu membentuk sikap, kepribadian dan karakteristik tertentu bagi masyarakat pendukungnya. Lebih jauh lagi, tradisi tersebut telah memberikan ciri-ciri dan karakteristik bagi kebudayaan dan kepribadian bangsa. Dalam keadaan seperti itu, upaya pendokumentasian serta penyebarluasan informasi kebudayaan sangat perlu terus dilakukan agar nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam tradisi-tradisi tersebut tidak ikut musnah.

Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) Bandung yang mempunyai wilayah kerja meliputi: Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Lampung, mempunyai fungsi dan tugas pokok melakukan penelitian, pengkajian, pendokumentasian serta penyebarluasan nilai-nilai budaya yang terdapat di empat propinsi wilayah kerja dimaksud. Salah satu upaya untuk menyebar-luaskan hasil penelitian dan pendokumentasian adalah melalui kegiatan penayangan film peristiwa budaya dan diskusi kebudayaan. Sasaran kegiatan tersebut terutama ditujukan kepada generasi muda karena merekalah yang kelak menentukan corak dan nuansa ke-budayaan.

Dalam kesempatan ini kegiatan penayangan film hasil rekaman peristiwa budaya yang diiringi dengan diskusi mengenai nilai-nilai budaya bertempat di SMA Mekar Arum, Jalan Raya Cinunuk No. 82, Kabupaten Bandung.

B.Tujuan
- Menemukenali nilai-nilai budaya/tradisi yang terkandung dalam berbagai peristiwa yang tercermin dalam pola kehidupan sehari-hari masyarakat.
- Menumbuhkembangkan rasa cinta dan memiliki di kalangan generasi muda atas kebudayaan bangsanya.

C. Tema
Tema dari kegiatan penayangan film dan diskusi kebudayaan ini adalah “Menggali Kearifan Lokal dalam Upacara Tradisional”.

D. Materi
Materi penayangan film dan diskusi kebudayaan adalah dua buah film peristiwa budaya yang berjudul:

1. Upacara Perkawinan Adat Sunda
Narasumber: Drs. Aam Masduki
2. Upacara Nyepuh
Narasumber: Drs. H. Agus H., M.Hum.

E. Peserta
Peserta dalam kegiatan penayangan film dan diskusi kebudayaan berjumlah 100 orang terdiri dari para siswa-siswi SMU/Sederajat serta guru pendamping.

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan penayangan film dan diskusi kebudayaan dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2011. Adapun tempat pelaksanaannya di SMA Mekar Arum, Jalan Raya Cinunuk No. 82 Bandung.

Popular Posts