WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Kedamaian itu Datang dari Susuru (Studi Awal tentang Tipologi Budaya Spiritual Masyarakat Dusun Susuru)

Oleh: Dra. S. Dloyana K.

Abstrak
Secara kasat mata, fenomena kemasyarakatan atau apa yang terjadi di Dusun Susuru mungkin layak disimak sebagai komunitas percontohan yang berhasil menciptakan suasana rukun dan damai antar satu pemeluk agama dengan lainnya, bahkan dengan kelompok penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang kerap dipandang sebagai kelompok yang eksklusif.

Sungguhpun penelitian ini bersifat studi awal bahkan boleh dikatakan hanya catatan kecil saja, akan tetapi peneliti mencoba menuangkan berbagai pengalaman empirik dan hal-hal yang agak luar biasa menjadi suatu tulisan yang agak lengkap.

Tentu saja tidak bisa dikatakan sempurna, bahkan untuk sekedar cukup pun belum tentu, namun demikian peneiti sangat berharap di kemudian hari akan ada kesempatan untuk melanjutkan penggalian data dan informasi secara lebih mendaam, lebih bermakna hingga bisa memperkaya batin siapa saja yang ingin hidup tenteram seperti warga Susuru.

Peneliti berterimakasih kepada semua pihak yang mendukung penelitian ini sejak awal, juga Kepala Desa Kertayasa, Drs. Andar Sugandar dan jajarannya, para sesepuh semua kelompok agama dan kepercayaan di Dusun Susuru, serta khusus kepada warga Susuru yang menerima kedatangan peneliti dengan kehangatan Sundanya. Peneliti merasa sangat berkesan dan mematri kenangan yang sulit dilupakan, apalagi kondisi dusun yang bersih, asri dan sejuk, serasa berada di kawasan wisata alam. Menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kehangatan mereka saja, belum cukup karena yang terpenting dari semuanya adalah kesediaan membuka diri untuk menjawab semua pertanyaan yang peneliti ajukan. Semoga budi baik mereka mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Peneliti sendiri, hanya mampu mendoakan kiranya nuansa kedamaian di Dusun Susuru ini bisa menebar jauh ke setiap pelosok wilayah negeri tercinta ini. Semoga.

Diterbitkan dalam Jurnal Penelitian BKSNT Bandung Edisi 31, Juli 2005

Popular Posts