WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung Lakukan Pembekalan Teknis Perekaman

Destinasianews - Bertempat di Jalan Cinambo No 136, Ujungberung Bandung, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bandung, pada Senin, 2 Maret 2015 melakukan pembekalan teknis perekaman bagi 55 peserta.”Kegiatan dilakukan demi mempertajam teknik perekaman nilai-nilai budaya kita. Harapannya para dokumentator memperoleh keterampilan yang lebih mumpuni dalam melakukan tugas-tugasnya. Para pakar yang hadir disini, diharapkan dapat membekali para dokumentator kelak di lapangan”, ujar Toto Sucipto, Kepala BPNB Bandung, yang didampingi penanggungjawab kegiatan, Herry Wiryono.

bpnb2Hadir dalam kesempatan ini para pemateri Hadi Purnama dan Hernawan yang mengupas bahasan Karakteristik Media Audio Visual dan Bahasa Visual. Selain itu untuk materi Metoda dan Teknik Penyusunan Skenario untuk Film Dokumenter Kebudayaan dan Sejarah yaitu Arthur S Nalan dan Ray Bahtiar Drajat. Sesi ketiga dalam pembekalan ini untuk materi Pengarsipan Data Audio Visual dan Foto Budaya serta Teknik Pengeditan Data Audio Visual dan Foto, masing-masing oleh Endo Suanda dan Sylvie Nurfebiaraning.

Menurut Toto selaku pimpinan BPNB Bandung Wilayah Kerja Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Lampung, kegiatan yang diikuti para tenaga peneliti BPNB Bandung, lembaga penelitian, mahasiswa, dan instansi terkait diharapkan dapat memunculkan para dokumentator handal. “Begitu banyak dan semakin murah peralatan atau media untuk mengolah fenomena di masyarakat yang dapat dibuat sebagai karya dokumentasi yang baik. Masalahnya, untuk menghasilkan ini perlu penguasaan teknik, dan pemahaman etika”, pungkas Toto yang didampingi M Arif Ramadhan selaku salah satu moderator pada kegiatan ini. (HS/IG/SF/SA/IA/dtn)

Popular Posts