WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Lawatan Sejarah BPNB Bandung ke DKI Jakarta – Banten (3)

Destinasianews – Setelah melawat beberapa situs sejarah di Museum Nasional Jakarta pada hari pertama dan hari kedua melawat situs-situs bersejarah peninggalan peradaban Banten Lama. Di hari terakhir Lawatan Sejarah (26-28 Maret 2015) ini, para peserta diuji materi hasil lawatan sejarahnya lewat presentasi kelompok. Sesi presentasi ini bertempat di Aula Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang yang lokasinya tak jauh dari hotel rombongan menginap.

lawatan hari ke3a“Peserta yang terbagi dalam enam kelompok tersebut, akan memaparkan hasil lawatannya dan akan ada sesi tanya jawab. Teknisnya per dua kelompok akan maju ke depan dan hanya 1 orang yang menjadi wakil setiap kelompok,” papar Iim Imadudin salah seorang panitia dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bandung di sela-sela persiapan acara.

Presentasi yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB tersebut, berlangsung cukup menarik. Para siswa yang berperan sebagai presenter perwakilan kelompoknya, sangat baik dalam pemaparan materi dan menjawab setiap pertanyaan.

“Saya sangat senang melihat presentasi dari siswa peserta sangat baik meskipun dengan waktu persiapan yang sangat sedikit tapi mereka mampu manguasai materi yang mereka dapat selama di lapangan. Untuk penilaiannya akan kami godok dulu di kantor, nanti siswa yang terbaik akan mewakili BPNB Bandung dalam Lawatan Sejarah Tingkat Nasional 2015, kebetulan Jawa Barat sebagai tuan rumah jadi mendapat kuota lebih hingga dapat jatah 20 peserta,” papar Toto Sucipto Kepala BPNB Bandung.

Para peserta pun terlihat sangat bergembira karena mampu menyelesaikan semua kegiatan Lawatan Sejarah tersebut dengan lancar seperti yang diungkapkan perwakilan peserta, Rizal dari SMAN 1 Cineam Kabupaten Tasikmalaya.

“Saya mewakili teman-teman peserta mengucapkan banyak terima kasih kepada BPNB selaku panitia yang tak lelah bekerja, para guru pembimbing yang terus-menerus membimbing kami. Ini kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami untuk menambah wawasan sejarah dan guna mengajak kami sebagai generasi penerus untuk dapat melestarikan aset-aset bersejarah di negeri kita. Negeri ini sangat kaya akan sejarahnya. Kenanglah kami meskipun itu kenangan yang jelek. Terima kasih sekali lagi yang sebesar-besarnya,” ujar Rizal yang juga merupakan peserta paling heboh dan kocak.

Setelah selesai acara presentasi, rangkaian lawatan sejarah pun ditutup secara resmi oleh Kepala BPNB Bandung, dilanjutkan berfoto bersama dan salam-salaman seluruh peserta rombongan. “Saya ucapkan banyak terima kasih kepada para panitia, guru pembimbing, siswa peserta, dan kru media yang terlibat. Mohon maaf bila ada kekurangan dalam kegiatan kami. Mudah-mudahan ke depannya, meskipun acara ini telah selesai tapi silaturahmi kita tetap berjalan,” ujar Toto dalam pidato penutupannya.

Berikut Nama-nama Sekolah Peserta Lawatan Sejarah 2015

SMA Mardiyuana Sukabumi – SMA PGRI 1 Kota Bandung – SMAN 10 Tangsel – SMA Yamisa Soreang Kab. Bandung – SMA Yas Kota Bandung – SMAN 1 Baleendah Kab. Bandung – SMAN 1 Kota Banjar – SMAN 1 Kab. Cianjur – SMAN 1 Cikancung Kab. Bandung – SMAN 1 Cileunyi Kab. Bandung – SMAN 1 Cineam Kab. Tasikmalaya – SMAN 1 Ciwaru Kuningan – SMAN 1 Jalan Cagak Subang – SMAN 1 Lemahabang Cirebon – SMAN 1 Sumedang – SMAN 10 Kota Bandung – SMAN 19 Kota Bandung – SMAN 2 Kota Tasikmalaya – SMAN 23 Kota Bandung – SMAN 26 Kota Bandung – SMAN 27 Kota Bandung – SMAN 3 Kota Serang – SMAN 7 Kota Bandar Lampung – SMAN 7 Kota Bandung – SMAN 7 Kota Cirebon – SMAN Citra Nusa Kota Bogor – SMK Al Hasan Kota Bandung – SMK Bandung Timur Kab. Bandung – SMK Pangeran Soeria Atmaja (PASA) Kab. Sumedang – SMK Setia Bhakti Kota Bandung – SMK YASRI Kota Bandung – SMKN 1 Kab. Indramayu – SMKN 6 Kota Bandung – SMKN 9 Kota Bandung. (IG/dtn)

Popular Posts