WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Lawatan Sejarah BPNB Bandung ke DKI Jakarta – Banten (1)

Destinasianews – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bandung menggelar kegiatan lawatan sejarah ke beberapa situs sejarah di wilayah DKI Jakarta dan Provinsi Banten. Kegiatan tahunan ini, berlangsung selama 3 hari (26-28 Maret 2015) tersebut, diikuti peserta sebanyak kurang lebih 150 orang terdiri dari para pelajar tingkat SMA/SMK dan guru dari wilayah kerja Jabar, Banten, DKI Jakarta, dan Lampung.

lawatan sejarah3Rombongan yang berangkat dari kantor BPNB Jalan Cinambo No.136 Bandung, dilepas secara resmi oleh Kepala BPNB Bandung, Toto Sucipto. “Saya melepas rombongan lawatan sejarah yang mewakili sekitar 34 sekolah yang ada di wilayah kerja kami dengan jumlah peserta sekitar 150 siswa dan guru. Kunjungan kita awali menuju Museum Nasional di Jakarta dan dilanjutkan ke situs-situs sejarah yang ada di Provinsi Banten,” papar Toto Sucipto saat ditemui di sela-sela keberangkatan, Kamis (26/03/15).

Toto memaparkan, kegiatan ini bertujuan sebagai pengenalan informasi sejarah secara langsung di lapangan. “Mudah-mudahan kegiatan ini berlangsung lancar dan bermanfaat bagi siswa untuk menambah wawasan kesadaran dan minat siswa terhadap sejarah bangsa, meskipun banyak fakta di sekolah bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang kurang pamornya. Nanti hasil dari kegiatan ini dipilih siswa yang berprestasi untuk mewakili lawatan sejarah tingkat Nasional yang akan berlangsung di wilayah Jabar,” tambahnya.

Peserta pun sangat antusias mengikuti lawatan sejarah ini, seperti diungkapkan Hendri, guru dari SMAN 1 Ciwaru, Kuningan, “Ini pengalaman pertama saya ikut kegiatan lawatan ini, kebetulan sekolah kami terpilih mewakili Kuningan dan membawa 2 siswa yang berprestasi di sekolah kami”.

Kunjungan ke Museum Nasional

lawatan sejarah5Setelah menempuh perjalanan panjang dari Bandung ke Jakarta selama kurang lebih 5 jam, rombongan pun tiba sekitar pukul 13.00 WIB di objek pertama, yakni Museum Nasional yang berada di kawasan Monas, Jakarta. Rombongan pun diterima secara resmi jajaran Museum Nasional yang dipimpin langsung Kepala Museum, Intan Mardiana, M. Hum. Dalam kunjungan ke objek pertama ini, para siswa diajak mengenal koleksi museum seperti peninggalan keramik, rumah-rumah adat, peninggalan barang-barang tekstil, dan benda-benda lainnya yang berhubungan dengan nilai sejarah kebudayaaan Indonesia.

“Kami senang kedatangan tamu dari Bandung ini, kami pun siap memandu rombongan untuk mengenal koleksi yang ada di museum ini. Kami pun merasa kegiatan ini sangat penting dan perlu digelar agar siswa memiliki wawasan sejarah dan untuk sama-sama mempunyai rasa memiliki aset-aset sejarah serta mempunyai rasa kebanggaan tentang sejarah panjang negeri kita. Kalau bukan generasi muda siapa lagi yang akan melestarikan warisan sejarah bangsa ini. Mudah-mudahan para siswa bersemangat dan senang berada di sini meskipun dengan penerimaan dari kami yang seadanya. Selamat menikmati koleksi museum ini,” papar Intan dalam sambutannya.lawatan sejarah4

Acara penyambutan pun ditutup dengan saling tukar-menukar cendera mata antara pihak Museum Nasional dan BPNB Bandung. Setelah penyambutan, para siswa dipandu berkeliling melihat koleksi-koleksi yang ada di Museum Nasional. Tepat pukul 15.00 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Banten. (IG/dtn)

Popular Posts