WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

TEORI DASAR ANALISIS KEBUDAYAAN

Max Weber - Personal NameAnas Yusuf, Tata Sampul, Ferdika, Tata isi, Ika Tiyana - Personal NameAbdul Qodir Shaleh - Personal Name


Max Weber, pria kelahiran Jerman tahun 1864 ini adalah salah seorang tokoh yang karya-karyanya banyak dijadikan sebagai rujukan para pakar keilmuan dan akademisi setelahnya. Analisisnya yang tajam tentang sosial dan budaya, membuatnya didaulat sebagai salah seorang tokoh yang cukup berpengaruh dibidangya. Dan, salah satu karya besarnya yang telah diterbitkan serta dijadikan sebagai rujukan itu adalah buku yang ada di hadapan anda ini.

Di Dalam buku ini, Weber tidak hanya membidikkan rangkaian perspektif seputar asal-usul dan sejarah agama, tipologi asketisisme dan mistisisme yang berujung pada penolakan terhadap dunia (Abnegasi), Psikologi sosial-keagamaan, doktrin-doktrin agama, spirit kapitalisme, hubungan antara sekte dengan hegemoni ekonomi, serta eskalasi sekte dalam jalinan "Kehidupan" agama-agama dunia, melainkan juga menganalisis beragam pola perjalanan kebudayaan dan sosio-ekonomi, baik yang mengedepankan karakter rasionalitas versus irasionalitas atau kapitalisme versus intelektualisme.

ada banya entitas peradaban yang dibedah dengan tajam oleh Weber dalam karyanya ini, seperti karakter peradaban Jerman (Prusia), negara-negara Eropa dan Amerika, serta peradaban Cina dan India yang teramat kompleks. Alhasil, buku ini sanggup menyajikan analisis kritis Weber yang sangat holistik dan Komprehensif tentang serba-serbi kebudayaan manusia dalam lingkaran struktur ilmu-ilmu sosial, ekonomi, agama dan budaya.

Sumber: http://perpustakaanbpnbjabar.kemdikbud.go.id

Popular Posts