WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Pasanggiri Gotong Singa Sedot Perhatian Ribuan Warga Subang

Pasanggiri Gotong Singa yang terselenggara berkat kerjasama Lembaga Adat Karatwan Galuh Pakuan dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud berhasil menyedot perhatian ribuan warga Subang. Pasanggiri itu diikuti delapan grup sisingaan unggulan di kabupaten Subang dan bertempat di halaman Wisma Karya, Sabtu (12/08/2017).

Kasubdit Program, Evaluasi dan Dokumentasi, Kemdikbud, Kuat Prihatin, mewakili Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, sangat bangga terhadap antusias para seniman.

“Terima kasih kepada LAK Galuh Pakuan, saya fikir dengan melihat acara ini, pelestarian budaya di Subang tidak perlu ada yang dikhawatirkan,” ujar Kuat.

Dirinya mengaku baru pertama kali naik di atas Sisingaan.

“Saya mengenal sisingaan, tapi saya yakin Subang sebagai pionir. Jujur, saya pengalaman pertama naik sisingaan. Deg deg degan juga, tapi pengalaman yang luar biasa.

Ini kesenian rakyat yang sangat digemari dan Memiliki falsafah yang kuat, bagaimana singa yang kuat bisa dinaiki,” imbuhnya.

Jumhari SS, selaku Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Jawa Barat, mengpresiasi setinggi-tingginya kepada LAK Galuh Pakuan. “semoga kegiatan ini bisa terus menerus dilaksanakan,” tuturnya.

Kadisdik Kabupaten Subang Suwarna Murdiaz, mengatakan kegiatan ini diharapkan menjadi rutin, sebagai upaya melestarikan, seni budaya Subang. “kita akan patenkan, supaya tidak ditiru daerah lain. Di daerah lain sudah terakumulasi dengan mamanukan,” ucapnya.

Budi Setiadi, yang hadir selaku Resi Agung LAK Galuh Pakuan menyatakan melalui kegiatan ini upaya pelestarian budaya dan menjaga keindonesiaan kita.

Dalam Pasanggiri Gotong Singa tersebut, tampil sebagai juara 1 grup sisingaan Tresnawangi 1 disusul Setiawargi 8 sebagai juara 2 dan Tresnawangi 2 juara 3. Penyerahan hadiah secara simbolis dilakukan olah Rahyang Mandalajati Galuh Pakuan Evi Silviadi, Ketua MPC Pemuda Pancasila Endang Kosasih, dan Ketua DPD KNPI Subang Jaka Arizona.

Popular Posts