WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Sirpe

Sirpe merupakan penganan yang banyak dijumpai sehari-hari baik sebagai hidangan ringan di rumah pada saat-saat santai maupun sebagai suguhan tamu. Sirpe bisa dikatakan sebagai penganan yang sederhana baik dilihat dari segi bahan maupun pembuatannya. Sirpe serupa dengam grubi dari daerah Jogja dan sekitarnya.

Sirpe hanya berbahan kelapa yang setengah tua, gula pasir, dan air. Cara membuatnya cukup dengan mengerok kelapa namun dijaga jangan sampai terkena kulit batoknya dan memasak gula pasir dengan air sampai agak mengering. Berikutnya ke dalam gula tadi dimasukkan kelapa lalu diaduk hingga adonan rata. Terakhir adonan diangkat lalu dibentuk memakai sinduk makan. Alat yang digunakan membuat sirpe hanyalah sinduk untuk mengeruk kelapa dan mencetak sirpe, baskom untuk wadah kelapa, dan panci untuk memasak gula. Sirpe disajikan dalam sebuah piring atau wadah sejenisnya. Sirpe berasa manis malahan bisa dikatakan sangat manis, olehkarenanya minuman pendampingnya cukup air teh tawar. Makanan ini bisa dinikmati kapan saja.

Sumber: Rostiyati, Ani., dkk. 2009. Ragam Makanan Tradisional Betawi. Bandung: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung (Laporan Pendataan Kebudayaan).

Popular Posts