WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Jejak Tradisi Budaya Lampung

Pendalaman akan seni Budaya Lampung dilakukan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat di Provinsi Lampung dengan melakukan Penggalian Seni Budaya Lampung di Kelurahan Negeri Olok Gading Teluk Betung Barat yang diikuti peserta sebanyak 160 orang terdiri dari Peserta Pelajar Jawa Barat, Provinsi banten dan Lampung yang didampingi oleh para Pembina sekolahnya.

Berbagai materi seni budaya di disajikan dan paparkan oleh nara sumber asal negeri Olok Gading, diantaranya materi tentang Prosesi Kelahiran / Marhabanan pemberian nama dan Gelar, prosesi Parkawinan adat ( Begawi adat ) , Prosesi Pemberian Gelar ( Adok ) keturunan Kebandaran Teluk Betung dan tamu yang dihormati, penyampaian Silsilah Kebandaran sai bathin , proses Tarian Bedana dan tari Sembah ( Sigekh Pengunten ). para pemateri menyampaikan paparan dihadapan peserta yang dibagi menjadi beberapa kelompok yang selanjutnya di peragakan bersama-sama oleh para peserta dengan melakukan gerakan tari bedana.

BPNB Jawa barat bukan saja mendalami tari sembah dan Bedana tetapi juga melakukan praktek pembuatan anyaman dengan berbagai ornament dan bentuk karya anyaman di mesium Lampung seusai menyaksikan berbagai peninggalan adat istiadat daerah Lampung. Hal ini dilakukan BPNB Jawa Barat bertujuan untuk melestarikan sekaligus menjadikan asset sejarah sebagai Warisan Tak Benda yang akan di usulkan ke Unesco .

Salah Seorang pemateri Tari Sigekh Penguten yang akrab disapa Mas Harry dalam keteranganya mengatakan Tari sembah yang di sajikan merupakan hasil rumusan dan kesepakatan pera seniman Lampung dalam menetapkan nama dan ragam gerak serta music tabuhannya secara baku dan telah terdokumentasi baik seara literature maupun visulnya, bahwa tari sembah ( Sigekh penguten) yang telah dibakukan tidak boleh dikembangkan dalam garapan diluar dari vacem yang ada, namun seluruh ragam geraknya bisa saja diadopsi dalam karya garapan tari kreasi lampung yang tidak megunanakan judul tari sigekh pengunten atau tari sembah. Jadi jika ada yang menyajikan tari sembah garapan baru kan jadinya lucu, karena tari sembah ( Sigekh Pengunten ) yang sudah dibakukan ini sudah punya hak paten dan akan dilakukan pengakuan secara international oleh Unesco. ( Hermansyah.GA).

Popular Posts