WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Batu Prasasti Ditemukan di Rumah Warga Bandung

Bandung (ANTARA News) - Sebuah batu prasasti yang bertuliskan huruf kuno yang diduga benda purbalaka ditemukan di rumah seorang kakek bernama Oong Rusmana (62), warga Cimaung RT07 RW07 Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Kalau dilihat dari tulisannya, itu memang tulisan kuno yang terdapat dalam batu prasasti," kata Kasie Kepurbakalaan Dibudpar Jabar Romlah, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa.

Ia menjelaskan, batu prasasti tersebut ditemukan di halaman rumah Oong Rusmana yang menyatu dengan sebuah pohon.

Menurutnya, Selasa pagi tadi pihaknya beserta tim Peneliti dari Balai Arkeolog Bandung Drs Lutfi Yondri dan Tim Peneliti Madya di Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung Nandang Rusnandar, sudah mengecek langsung batu prasasti tersebut di rumah Oong Rusmana.

Menurutnya, batu prasasti tersebut memiliki panjang sekitar 1,8 meter dan terdapat dua baris tulisan huruf kuno.

Ia menuturkan, berdasarkan penyelidikan sementara Tim Peneliti Madya di Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung, Nandang Rusnandar, yang terdapat dalam batu prasasti tersebut jika diartikan ke dalam tulisan latin kurang lebih seperti tulisan ""Ung ga l ja ga t, jal ma h dha p".

Tulisan dua baris yang terdapat dalam prasasti tersebut sangat rapih dan rata dengan rincian panjang tulisan pertama ialah 15 cm, kedua 20 cm serta tinggi huruf 3,5 cm dan 2,5 cm.

"Kalau hasil sementara dario Pak Nandang dari Tim Peneliti Madya Balai Pelestarian Sejarah, tulisan dalam prasasti tersebut memiliki arti seperti `setiap manusia dimuka bumi akan mengalami sesuatu, ini semacam prediksi untuk tidak melakukan sesuatu`, tapi ini harus diteliti lebih lanjut," katanya. (ANT/S026)

Popular Posts