WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Jetrada BPNB Jabar 2017, Fokus Telaah Kegiatan di Negeri Olok Gading Bandar Lampung (Bagian 1)

Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat (BPNB Jabar) kembali mengadakan kegiatan rutin Jejak Tradisi Daerah (Jetrada). Tahun ini kegiatan diadakan di Bandar Lampung, 4-6 Mei 2017 lalu dengan tema “Mengenal Tradisi dan Ekspresi Budaya Masyarakat Lampung.”Fokus telaah kegiatan digelar di Negeri Olok Gading.

Jetrada BPNB Jabar 2017 diikuti sebanyak 150 peserta dari kalangan generasi muda yakni siswa Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang berada di wilayah kerja BPNB Jabar yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Lampung. Mereka yang juga turut dalam kegiatan tersebut adalah guru pendamping, pembimbing, dinas terkait dan pers.

Dalam sambutannya, Kepala BPNB Jabar Jumhari SS mengatakan, Jetrada 2017 diadakan untuk memperkenalkan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia kepada generasi muda khususnya siswa SMA dan sederajat. “Tahun ini yang diperkenalkan khususnya budaya masyarakat Lampung yang ada di Kota Bandar Lampung. Harapannya kegiatan Jetrada ini juga dapat menumbuhkan pemahaman generasi muda tentang keanekaragaman budaya bangsa Indonesia yang punya kekhasan dan keunikan tersendiri,” papar Jumhari, Kamis (4/5/2017).

Dia menambahkan, dari 11 BPNB yang ada di Indonesia (Aceh hingga Papua), BPNB Jabar menekankan pengkajian pada budaya akulturasi. Secara nasional, yakni Jetranas yang rencananya akan digelar Agustus mendatang di Pontianak, perwakilan atau peserta terbaik Jetrada BPNB Jabar 2017 akan turut diikutsertakan.

Lebih jauh Jumhari mengatakan, kegiatan Jetrada BPNB Jabar 2017 adalah sebuah proses kegiatan belajar terutama bagi siswa perihal tradisi dan budaya secara langsung di lapangan. Kajian dan pengenalan hal tersebut tak lagi hanya dilakukan di dalam kelas.

Kegiatan hari pertama diisi dengan pemaparan tentang profil dan objek budaya Lampung yang disampaikan Hari Jayadiningrat dari Disdikbud Provinsi Lampung. Materi lainnya adalah penyuluhan narkoba yang disampaikan Kabid P2M BNN Provinsi Lampung Ahmad Alamsyah, serta profil BPNB Jabar yang dipaparkan langsung Kepala BPNB Jabar Jumhari SS.

Pelaksanaan kegiatan pada hari kedua, ada dua objek yang dikunjungi yaitu Masyarakat Negeri Olok Gading dan Museum Negeri Provinsi Lampung. Di Negeri Olok Gading, peserta dibagi dalam tujuh kelompok untuk menggali materi yang akan diteliti didampingi pembimbing. Setiap kelompok meneliti satu dari tujuh tema kajian yang telah disiapkan.

Dalam Jetrada 2017 ini, imbuh Jumhari, salah satu hal yang ingin dicapai adalah peserta dapat mengetahui dan memahami budaya masyarakat Lampung sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang majemuk.

Eka Mulyana, guru pembimbing dari MAN 1 Tasikmalaya menilai, kegiatan Jetrada memberi dampak positif yang luar biasa kepada peserta didik yang turut serta. “Para siswa begitu antusias mengikuti rangkaian agenda Jetrada. Apa yang mereka peroleh dari pembelajaran ini tentu saja pengetahuan baru yang tidak didapat di sekolah. Siswa langsung datang ke objek yang ditelaah, ini sangat bagus,” katanya. (IA/dtn)*

Popular Posts