WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Galuh Ethnic Carnival 2018 Meriahkan HUT Ciamis ke-376

CIAMIS – Dalam rangka hari jadi Kabupaten Ciamis ke-376, Dinas Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Galuh Ethnic Carnival dan Festival Kesenian Tradisional Tahun 2018, Selasa (17/7) di Alun-Alun Ciamis.

Dalam Kegiatan tersebut turut hadir Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin, Sekertaris Daerah Ciamis Drs. H. Asep Sudarman, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Jawa Barat, serta Tokoh Budayawan se Tatar Galuh Ciamis.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Ciamis H. Max Sopyan mengatakan kegiatan ini merupakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Ciamis, dan juga untuk menghibur masyarakat Ciamis dengan kesenian dan kebudayaan daerah.

“Kegiatan ini merupakan salah satu langkah kami untuk memajukan kebudayaan kesenian daerah, dan kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin tahunan yang akan digelar oleh Disbudpora Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Max menuturkan, dalam kegiatan Galuh Ethnic Carnival ini dimeriahkan sekitar 13 kebudayaan dan keseniaan daerah, diantaranya yakni Bebegig, Wayang Landung, Mabokuy, Buta Batok, dan Mengmleng. Pada malam harinya kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh pertunjukan Wayang Golek.

“Harapan saya kepada para tokoh budayawan Ciamis khususnya, agar selalu melestarikan dan mengembangkan kesenian dan budaya daerah ini, agar lebih maju lagi kedepanya,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin mengungkapkan, kegiatan ini merupakan suatu kebanggan dan kehormatan bagi warga Kabupaten Ciamis, karena kegiatan Galuh Ethnic Carnival merupakan kegiatan berkelas Nasional.

“Kita sebagai tuan rumah dalam Galuh Ethnic Carnival ini tentu sangat bangga dan sangat terhormat, karena pagelaran kesenian dan budaya daerah ini merupakan pagelaran berkelas Nasional,” ungkapnya.

Iing meminta kepada Dinas terkait baik Disbudpora Kabupaten Ciamis maupun Dinas Pariwisata agar terus meningkatkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Ciamis serta melestarikanya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini membawa kebarokahan bagi kita semua, barokah kebudayaan dan seninya serta barokah pembangunan di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (AS/Tantan)

Sumber: https://www.priangannews.com

Popular Posts