WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

HUT Ciamis Dimeriahkan dengan Galuh Ethnic Carnival

Cikancah-Cyber – Hari jadi Kabupaten Ciamis ke-376 terasa spesial dan berlangsung meriah. Dinas Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Galuh Ethnic Carnival dan Festival Kesenian Tradisional Tahun 2018, Selasa (17/7) di Alun-Alun Ciamis.

Dalam Kegiatan tersebut turut hadir Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin, Sekertaris Daerah Ciamis Drs. H. Asep Sudarman, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Jawa Barat, serta Tokoh Budayawan se-Tatar Galuh Ciamis.

Galuh Etnic Carnival digelar seharian penuh, beragam kearifan lokal Ciamis pun ditampilkan secara massal. Kegiatan Galuh Ethnic Carnival dimulai pukul 08.00-24.00 WIB. Lokasinya di Alun-Alun Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Event ini disambut meriah, pengunjung tampak berjubel, mereka antusias menyaksikan beragam hiburan yang disajikan.

Setidaknya ada 20 sub event yang disajikan. Ada Bebegig Sukamantri yang detailnya unik bahkan menyeramkan. Oleh masyarakat Galuh Ciamis, Bebegig menjadi simbol kemenangan. Bebegig adalah representasi rupa wajah Prabu Sampulur yang berhasil mengalahkan kejahatan. Imbalannya menjadi penguasa Pulau Jawa.

Selain Bebegig Sukamantri, Galuh Ethnic Carnival juga menawarkan seni tradisi lainnya. Sebut saja Wayang Landung yang dipersembahkan warga Panjalu. Ada juga Buta Batok, Mabokuy ala wilayah Rajadesa yang unik, aksi Ebeg dari Purwadadi. Daftar Festival Kesenian Tradisi pun semakin panjang dengan Pontrangan dari Cimaragas.

Galuh Ethnic Carnival 2018 semakin semarak dengan Gondang Pasisian milik warga Tambaksasri, hingga Reog Apay dari Baregbeg. Belum lagi hadirnya Ronggeng SGBGS 2 dari Cisaga, selain Mengmleng Widuraja. Menguatkan warna etnik, Jagat Percussion dari Kawali juga dirilis. Berpartisipasi aktif, Padepokan Rengganis Ciamis juga menyajikan Tari Rajah Galuh Rumingkang.

Sore sampai malam hari, pengunjung akan disuguhkan dengan pertunjukan wayang golek. Salah satu daerah yang menyajikan Wayang Golek adalah Banjarsari.

Dalam Galuh Ethnic Carnival selain menampilkan tradisi lokal Ciamis, juga adanya parade seni dari daeah lain. Ada Reog Ponorogo, Kawin Cari Kuningan, hingga Jurig Sarengseng yang disajikan Banjar.

Selain itu ada partisipasi kesenian yang ditapilkan Bandung Barat melalui Badingkut, selain Badawang dari Garut. Begitu pula, Rudat Akrobat disajikan Indramayu.

Nuansa culture di Galuh Ethnic Carnival ini merupakan parade seni dan budaya yang besar yang bisa menyedot wisatawan yang menyukai budaya.

Selamat Hari Jadi Kabpuaten Ciamis yang ke-376.

Sumber: https://www.cikancah-cyber.com

Popular Posts