WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Cigugur Dijadikan Kampung Sunda

KUNINGAN (CP),- CIGUGUR akan dijadikan Kampung Sunda. Demikan diungkapkan Kadis Parbud Kab. Kuningan, Drs. Tedi Suminar, MSi melalui Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Suyono, kepada CIREMAIPOST di Pendopo Kuningan, (24/9).

Rencana itu terkuak ketika acara Dialog Budaya yang termasuk dalam rangkaian acara Pekan Budaya, Seni dan Film yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Direktorat Jenderal Budaya Seni dan Film bekerjasama dengan Pemkab Kuningan.

“Pak Kadis Parbud Kuningan menyebutnya Kuningan The Truly Sundanese bermaksud ingin membuat kuningan benar-benar sunda, baik dari aspek budaya, seni dan adat istiadatnya,” katanya.

Pemahaman ini, lanjut Suyono, tidaklah mudah karena tidak semua masyarakat akan mudah menerimanya. Untuk usai dewasa akan cepat memahami berbeda dengan anak ABG perlu proses lama agar mengerti apa arti budaya, terutama tanah kelahirannya yaitu tanah sunda.

Program The Truly Sundanese dimulai pada 2012. Pemkab Kuningan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan mengajukan raperda termasuk alokasi dana. “Mekanisme program ini, minimalnya bupati mengajukan raperda dan tentunya alokasi dana tidak ketinggalan,” candanya. (faruq)

Sumber: http://www.ciremaipost.com

Popular Posts