WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Kemenbudpar RI Gelar Pekan Budaya Indonesia

Kuningan.- Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI menggelar Pekan Budaya, Seni dan Film Tahun 2011, bertempat di Pandapa Paramarta Kabupaten Kuningan, Kamis (22/9).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 22 hingga 25 September 2011 bekerjasama dengan Pemkab Kuningan, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kuningan sebagai leading sektornya.

Pantuan CIREMAIPOST, peserta pameran berasal dari Badan Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) Banda Aceh, Pontianak dan Tanjung Pinang serta Manado. Kemudian, Bandung, Yogyakarta dan dari daerah lainnya.

Setiap peserta saling memamerkan budaya, adat istiadat dan makanan khas daerah. Misalnya, dari Makasar, Sulawesi Selatan, menampilkan foto dan buku-buku tentang sejarah, budaya dan seni tari. Selain itu terdapat upacara adat perkawinan, mumah adat, dan perahu pinisi yang sangat terkenal.

Simon Sarapeng, peneliti dari BPSNT Makasar kepada CIREMAIPOST mengatakan, dengan adanya pagelaran seni budaya ini dirinya merasa senang, bisa bekerjasama dan bertukar budaya dengan daerah lain. “Meski sejarah dan kebudayaan di setiap daerah berbeda namun ada beberapa persamaan yang tidak jauh berbeda,” katanya.

BPSNT Manado memamerkan kain tenun kain bantenan dan rumah adat minahasa. Sedangkan BPSNT Banda Aceh menampilkan makanan khas daerahnya, seperti Dodol Sabang, Gula U, Badarete dan Karah serta Boi.

Kemudian, BPSNT Yogya memamerkan buku kuno yang bernama Centini yang ditulis dalam bahasa jawa kuno dan tari tengger sebagai tari khas Yogyakarta. Selanjutnya BPSNT Bali, NTB dan NTT menyuguhkan Tenun Sunda Kecil, Kain Bali yang bernama wastra poleng, songket Lombok dan lain-lain.

“Diadakannya pagelaran ini diharapkan kesenian, sejarah dan budaya jangan sampai punah dan harus tetap dilestarikan,” kata Madi dari BPSNT Bali, NTB dan NTT.

Menurut peneliti BPSNT Bandung yang mencakup wilayah Jawa Barat, Banten dan Lampung, T. Dibyo Harsono, mengatakan, kegiatan ini kami sangat mendukung untuk lebih memperkenalkan budaya terutama mengenali budaya Barat, Banten dan Lampung. (L.Hakim)
Last Updated ( Thursday, 22 September 2011 16:13 )

Sumber: http://www.ciremaipost.com

Popular Posts