WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Seminar Hasil Penelitian Cingcowong: “Upacara Meminta Hujan pada Masyarakat Kuningan”

Cingcowong merupakan suatu upacara tradisional masyarakat di daerah Kuningan, Jawa Barat, untuk memohon kepada Tuhan yang Maha Esa agar menurunkan hujan pada saat terjadi kemarau panjang. Namun, dalam proses perkembangannya upacara cingcowong telah mengalami metamorfosa bentuk dari ritual upacara menjadi bentuk kebudayaan lain yaitu seni tari. Kondisi ini terjadi manakala sebagian masyarakat mulai menyadari bahwa diperlukan adanya pelestarian kebudayaan melalui media seni tari dalam rangka menyelamatkan tradisi cingcowong yang semakin lama semakin terpinggirkan.

Terkait dengan hal tersebut maka BPNB Bandung menyelenggarakan seminar hasil penelitian mengenai upacara Cingcowong pada Desa Luragung Landeuh, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, pada tanggal 22 Desember 2012 Pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB. Lokasi kegiatan bertempat di Sanggar Seni DEDE NONO RUKMANA (Sanggar Seni DNR).

Tujuan dari Seminar Hasil Penelitian ini diharapkan masyarakat dapat memberi masukan atau melengkapi data, sehingga dapat menjadi bahan dokumentasi Perlindungan Ekspresi Keragaman Budaya yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan Perlindungan dan Pelestarian Sejarah dan Nilai Budaya di BPNB Bandung.








Popular Posts