Budimansyah Budimansyah, Nina Herlina Lubis, Miftahul Falah
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk menguak tata ruang Galuh Pakwan sebagai ibukota terakhir Kerajaan Galuh, sejauhmana pola ruang kota tersebut berkaitan dengan nilai-nilai kelokalan sebagaimana tergambar dalam historiografi tradisional. Dalam penelitian ini metode sejarah akan dipergunakan sebagai fitur utama agar menghasilkan suatu hasil kajian yang komprehensif, dan menggunakan teori tata kota, serta metode deskriptif-kualitatif. Minimnya sumber terkait sejarah Galuh Pakwan, wawancara secara mendalam kepada para narasumber diharapkan bisa menjadi suatu bahan analisis historis. Berdasarkan fakta di lapangan, Galuh Pakwan sebagai ibukota kerajaan berawal dari sebuah kabuyutan. Pada masa pemerintahan Niskalawastu Kancana, kabuyutan tersebut dijadikan pusat politik dengan tetap menjalankan fungsi kabuyutannya. Seiring waktu, Galuh Pakwan menjelma menjadi sebuah kota yang tata ruangnya menunjukkan representasi dan implementasi konsep kosmologi Sunda. Galuh Pakwan terbentuk oleh pola radial-konsentris menerus, sebagai gambaran kosmologi Sunda sebagaimana terungkap dalam naskah-naksah Sunda kuna.
The research is not only aimed at uncovering the spatial layout of Galuh Pakwan as the last capital of Galuh Kingdom, but also at exploring how well the relationship between the urban spatial patterns and the local values as depicted in the traditional historiography. Beside having the historical methods as the main feature to produce a comprehensive study result, the study also uses the urban planning theory, as well as the descriptive qualitative methods. The historical sources related to the history of the Galuh Pakuan are very limited. As a result, the in-depth interviews with the resource persons are expected to be appropriate as the observation material for historical analysis. Based on the facts found in the field, the Galuh Pakwan as the capital of the kingdom originated from a Kabuyutan. During the reign of Niskalawastu Kancana, Kabuyutan served as a political center while maintaining its original function as Kabuyutan. As the time passed, the Galuh Pakwan was transformed into a city whose spatial layout represented and implemented the Sundanese cosmological concept. The Galuh Pakwan was formed by a continuous radial-concentric pattern, as a description of Sundanese cosmology in the ancient Sundanese manuscript.
KEYWORDS
Galuh Pakwan, kosmologi Sunda, Kabuyutan, tata ruang, morfologi kota
FULL TEXT:PDF
REFERENCES
Albulescu, I. (2018). The Historical Method in Educational Research. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 02 (08), 185-190.
Belchera, B. M., Claus, R., Davel, Ramirez, & L. F. (2019). Linking Transdisciplinary Research Characteristics and Quality to Effectiveness: A Comparative Analysis of Five Research-for-Development Projects. Environmental Science and Policy, 101, 192-203.
Branch, C. M. (1996). Perencanaan Kota Komprehensif: Pengantar dan Penjelasan. Terj. Bambang H. W. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Budimansyah, Sofianto, K., & Dienaputra, R. D. (2018). Sang Hyang Talaga Rena Mahawijaya: Telaga Buatan sebagai Solusi Bencana. Patanjala, 10 (3), 419-434.
Budimansyah. (2019). Rekonstruksi Kota Galuh Pakwan (1371 - 1475 M) dan Kota Pakwan Pajajaran (1482 - 1521 M). Tesis FIB UNPAD.
Buckley, P. J. (2016). Historical Research Approaches to the Analysis of Internationalisation. Management International Review, 56 (6), 879-900.
Campbell, D. M. (1915). Java: Past and Present (Vol. I), A Description of the Most Beautuful Country in the World, its Ancient History, People, Antiquities, and Product. London: William Heinemann.
Damayanti, R., & Handinoto. (2005). Kawasan ‘Pusat Kota’ dalam Perkembangan Sejarah Perkotaan di Jawa. Dimensi, 33 (1), 34-42.
Danasasmita, Saléh. (2012). Nyukcruk Sajarah Pakuan Pajajaran jeung Prabu Siliwangi. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Darsa, U. A. (2007). Carita Ratu Pakuan (Kropak 410). Sundalana 6. Bandung: Pusat Studi Sunda.
Darsa, U. A. (2011). Nyukcruk Galur Mapay Laratan, Pucuk Ligar di Dayeuh Galuh Pakuan. Sundalana 10. Bandung: Pusat Studi Sunda.
Darsa, U. A. (2015). Konsepsi dan Eksistensi Gunung Berdasarkan Tradisi Naskah Sunda, diakses 7 Januari 2019, dari https://www.slideshare.net/erickridzky/konsepsi-dan-eksistensi-gunungberdasarkan-tradisi-naskah-sunda-sebuah-perspektif-filologi.
Dhona, H. R. (2016). Wilayah Sunda dalam Surat Kabar Sunda Era Kolonial. Jurnal Komunikasi, 11 (1), 1-16.
Dipraja, J. (8 Oktober 2017). Wawancara.
Enjo. (29 Oktober 2018). Wawancara.
Falah, M. (2018). Pertumbuhan Morfologi Kota-kota Pusat Pemerintahan di Priangan pada Abad XX - Awal Abad XXI. Disertasi (Ringkasan). FIB UNPAD.
Gottschalk, L. (2006). Mengerti Sejarah. Terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: UI Press.
Gunardi, G., Mahdi, S., Ratnasari, D., & Sobarna, C. (2015). Toponimi dan Lingkungan Hidup Kampung Adat di Tatar Sunda. Prosiding Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI) Ke-3 Memperkuat Jati Diri Bangsa melalui Riset Inovatif, Unggul, dan Berkarakter, 369-374. Singaraja: UNDIKSHA.
Gusmara, A. (15 September 2018). Wawancara.
Haverfield, F. (1913). Ancient Town Planning. London: Oxford University Press.
Helleland, B., Ore, C. E., & Wikstrøm, S. (2012). Names and Identities. Oslo Studies in Language, 4 (2), 1-6.
Herlina, N. (2017, Oktober). Dua Peristiwa dalam Ingatan Kolektif. Pikiran Rakyat, hlm. 1, 11.
Historische kaart van Java. 1980. Collectie Koninklijk Instituut vor Taal-, Land-, en Volkenkunde. Inv. Nr. DF 5,10. Amsterdam: Tresling.
Hoffmann, S., Pohl, C., & Hering, J. G. (2017). Methods and Procedures of Transdisciplinary Knowledge Integration: Empirical Insights from Four Thematic Synthesis Processes. Ecology and Society, 22 (1), 1-12.
Isnendes, R. (2005). Semiotika Siliwangi pada Masyarakat Sunda. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 31, 1-19.
Jamaludin. (2013). Makna Simbolik Huma (Ladang) di Masyarakat Baduy. Mozaik, 13 (1), 46-54.
Kartakusuma, R. K. (2012). Landasan Spiritual Leluhur ‘Tradisi Megalitik’ (Kabuyutan) Simbol Kesatuan Etnis Nusantara Yang Tercermin dalam Ajaran Sunda. Makalah dalam Sosialisasi Hasil Penelitian Arkeologi Jawa Bagian Barat. Pelabuhanratu: Puslit Arkenas.
Kartawinata, Ade M. (2001). Pamarentahan Baduy di desa Kanekes: Perspektif Kekerabatan. Makalah dalam Simposium Internasional Jurnal Antropologi Indonesia II, 1-15. Padang: UNAND.
Kartodirdjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Koswara, W. (27 Oktober 2018). Wawancara.
Lorenz, C. (2001). History: Theories and Methods. Dalam Neil J. Smelser dan Paul B. Baltes (Ed.), International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (hlm. 6869-6876). Amsterdam: Elsevier.
Lubis, N. H., Marlina, I., Hardjasaputra, A. S., Dienaputra, R. D., Muhsin Z., M., & Sofianto, K. (2000). Sejarah Kota-kota Lama di Jawa Barat. Jatinangor: Alqaprint.
Lubis, N. H., Saringendyanti, E., Darsa, U. A., Falah, M., & Budimansyah (2013). Sejarah Kerajaan Sunda. Bandung: YMSI Jawa Barat dan MGMP IPS SMP Kab. Purwakarta.
Lubis, N. H., Muhsin Z., M., Sofianto, K., Mahzuni, D., Widyonugrohanto, Mulyadi, R. M., & Darsa, U. A. (2016). Rekonstruksi Kerajaan Galuh Abad VIII-XV. Paramita, 26 (1), 9-22.
Luccarelli, M. (1990). Planning and Regionalism in the Early Thought of Lewis Mumford. The Hudson Valley Regional Review, 7 (1), 1-19.
Marcus, J. and Sabloff, J. A. (Ed.). (2008). The Ancient City: New Perspectives on Urbanism in the Old and New World. Santa Fe: School for Advanced Research Press.
Mayer, H., Sager, F., Kaufmann, D., & Warland, M. (2016). Capital City Dynamics: Linking Regional Innovation Systems, Locational Policies and Policy Regimes. Cities, 51, 11-20.
Moeis, Syarif. (2010). Konsep Ruang dalam Kehidupan Orang Kanekes. Makalah dalam Diskusi Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS, 1-16. Bandung: UPI.
Muhsin Z., M. (2011). Eksistensi Kerajaan Pajajaran dan Prabu Siliwangi. Makalah dalam Seminar Prodi Ilmu Sejarah, 1-17. Jatinangor: FASA UNPAD.
Muhsin Z., M., Mahzuni, D., & Septiani, A. (2019). Pengobatan Alternatif Penyakit Tulang: Studi Kasus Kearifan Lokal Para Terapis Penyakit Tulang di Wilayah Jawa Barat. Patanjala, 11 (3), 431-448.
Mulyana, Y. (27 Oktober 2018). Wawancara.
Munandar, A. A. (2017, Oktober). Perang Bubat dalam Naskah Kuno. Pikiran Rakyat, hlm. 1, 11.
Paddison, R. (Ed.). (2001). Handbook of Urban Studies. London: Sage Publications.
Permana, I. (28 Oktober 2018). Wawancara.
Permana, R. C. E. (2006). Tata Ruang Masyarakat Baduy. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Prijono, S. (2015). Pola Persebaran Tinggalan Budaya Megalitik di Leuwisari, Tasikmalaya. Forum Arkeologi, 28 (2), 69-78.
Purwani, O. (2017). Javanese Cosmological Layout as a Political Space. Cities, 61, 74-82.
Rigg, J. (1862). A Dictionary of The Sunda Language of Java. Batavia: Lange & Co.
Rustiadi, E., Saefulhakim, S., Panuju, D. R. (2011). Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Qiao, Y. (2017). City, Urban Planning and the Creation of Urban Culture - Taking the Ancient City of Xi'an as an Example. MATEC Web of Conferences, 100, 1-6.
Sabaruddin, A. (2012). Arsitektur Perumahan di Perkotaan. Bandung: Puslitbangkim, Kementerian PUPR.
Saringendyanti, E. (2018). Sunda Wiwitan di Tatar Sunda pada Abad V – Awal XXI: Perspektif Historis-Arkeologis. Disertasi (Ringkasan) FIB UNPAD.
Saringendyanti, E., Yondri, L., Falah, M., Irama, W., Budimansyah, Junaedi, A. A., Septiani, A., Jejen, D., & Saripudin, D. (2019). Laporan Penelitian: Tata Ruang Keraton Galuh (IX-X M) dan Keraton Surawisesa (XIV-XV M). Bandung: Balar Jabar.
Savitri, M. (2015). Peran Magis-Religius Bengawan Solo. Kalpataru, 24 (1), 37-46.
Scott, A. J. dan Storper, M. (2015). The Natura of Cities: The Scope and Limits of Urban Theory. International Journal of Urban and Regional Research, 39 (1), 1-15.
Smith, M. E. (2007). Form and Meaning in the Earliest Cities: A New Approach to Ancient Urban Planning. Journal of Planning History, 6 (1), 3-47.
Singh, R. P. B. (1993). Cosmic Layout of the Hindu Sacred City, Varanasi (Benares). Arch. & Behav, 9 (2), 239-250.
Sujarto, D. (1992). Wawasan Tata Ruang. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 3 (4a), 3-8.
Suparmini, S. S., & Sumunar, D. R. S. (2012). Laporan Penelitian: Pelestarian Lingkungan Masyarakat Baduy Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: FIS UNY.
Susilawati. (2006). Konservasi Tanah dan Air di Daerah Semi Kering Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Teknik Sipil, 3 (1), 33-43.
Sutardi, D. (9 November 2019). Wawancara.
Suyatman, U. (2018). Teologi Lingkungan dalam Kearifan Lokal Masyarakat Sunda. Al-Tsaqafa, 15 (01), Juli 2018, 77-88.
Tolla, M. (2014). Landscape and Orientation of Megalithic Chambers in Mecklenburg-Vorpommern (North Germany): Phenomenology Perspective. Papua, 6 (2), 135-141.
Umemoto, K. dan Zambonelli, V. (2012). Cultural Diversity. Dalam Randall Crane dan Rachel Weber (Ed.), The Oxford Handbook of Urban Planning (hlm. 197-222). UK: Oxford University Press.
Wibisono, S. C. (2013). Irigasi Tirtayasa: Teknik Pengelolaan Air Kesultanan Banten pada Abad ke-17 M. Amerta, 31 (1), 53-68.
Widyonugrahanto, Lubis, N. H., Muhsin Z., M., Mahzuni, D., Sofianto, K., Mulyadi, R. M., & Darsa, U. A. (2017). The Politics of Sundanese Kingdom Administration in Kawali-Galuh. Paramita, 27 (1), 28-33.
Young, T. Z. (2016). Maya Political Organization During the Terminal Classic Period in the Cochuah Region, Quintana Roo, Mexico, from the Perspective of a Secondary Site. Disertasi. College of Liberal Arts, Temple University.