WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Sayur Bebanci

Sayur ini banyak dibuat pada acara kenduri tradisional seperti khitanan, pernikahan, dan sebagainya. Disamping itu juga sering dipakai sebagai lauk pada menu makanan sehari-hari. Pada sebagian masyarakat Betawi, sayur ini sering dimakan dengan menggunakan ketupat, oleh karena itu makanan ini dikenal juga dengan nama Ketupat Bebanci. Adapun bahan pembuatan sayur bebanci adalah sandung lamur sapi, air, kelapa parut, bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, lengkuas, temu mangga, temu kunci, kemiri, terasi bakar, minyak goreng, ketumbar bubuk, jintan bubuk, daun salam, kelapa muda, dikeruk, santan, garam, dan gula pasir.

Adapun cara pembuatannya adalah Sandung lamur dicuci dan direbus hingga lunak lalu diangkat dan dipotong. Kelapa parut disangrai hingga berwarna kuning kecoklatan. Bumbu ditumis hingga harum, lalu ditambah dengan ketumbar, jintan dan daun salam. Setelah itu daging sandung lamur dimasukkan, lalu kelapa sangrai dan kelapa muda, dibiarkan hingga mendidih sambil diaduk. Terakhir, garam, gula, dan merica dibubuhi dan diaduk hingga merata.

Sumber: Rostiyati, Ani., dkk. 2009. Ragam Makanan Tradisional Betawi. Bandung: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung (Laporan Pendataan Kebudayaan).

Popular Posts