WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Taoge Goreng

Makanan taoge goreng juga dikenal dengan nama Taoge Tauco, karena bahan pembuatnya menggunakan saus oncom yang diolah bersama tauco, merupakan makanan khas yang mendapat pengaruh Sunda. Daerah persebarannya pun banyak terdapat di selatan dan timur DKI yang berbatasan dengan Jawa Barat. Pada perkembangannya, taoge goreng ini tersebar merata di seluruh wilayah kebudayaan Betawi karena banyaknya pedagang pikul keliling yang menawarkan makanan tersebut.

Bahan yang disediakan taoge, oncom, tahu kuning, dan kucai. Kuahnya dari tomat, tauco kuning, oncom, daun bawang, kecap manis, jeruk limo, dan minyak goreng. Bumbu yang dihaluskan cabe merah, bawang merah, dan garam gula secukupnya. Cara pembuatannya minyak dimasukkan lalu bumbu halus ditumis hingga harum. Tomat, oncom dan daun bawang dimasukkan lalu diaduk hingga tercampur rata. Air, kecap manis dan tauco ditambahkan pada campuran. Mie, taoge, oncom, diseduh dan diberi daun kucai, diatasnya disiram kuah dan cabe rawit.

Sumber: Rostiyati, Ani., dkk. 2009. Ragam Makanan Tradisional Betawi. Bandung: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung (Laporan Pendataan Kebudayaan).

Popular Posts