WILAYAH KERJA: PROVINSI JAWA BARAT, DKI JAKARTA, BANTEN, DAN LAMPUNG

Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng kambing mempunyai rasa yang khas karena digoreng memakai minyak samin. Makanan ini merupakan makanan yang tersebar merata di Jabodetabek. Nasi goreng ini termasuk makanan yang disantap sehari-hari, terutama menjadi menu praktis pada malam hari karena banyaknya pedagang yang menjual makanan ini di pinggir jalan maupun di tempat-tempat tertentu. Bahan yang digunakan antara lain nasi putih, minyak untuk menumis, daging kambing muda, daun bawang iris halus, tomat merah, kecap manis, acar mentimun, dan emping goreng. Adapun bumbu yang dihaluskan adalah bawang putih, bawang merah, cabe merah keriting, kemiri, merica, terasi udang, goreng, dan garam secukupnya. Sebagai pelengkap diberi acar yang terbuat dari mentimun, wortel, cuka, dan gula pasir.

Adapun cara membuat nasi goreng kambing adalah minyak dipanaskan, bumbu ditumis halus hingga harum. Lalu Tomat, daun bawang, daging kambing dimasukkan dan diaduk rata, terakhir adalah kecap manis dan taburan bawang goreng serta emping goreng. dan acar.

Sumber: Rostiyati, Ani., dkk. 2009. Ragam Makanan Tradisional Betawi. Bandung: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung (Laporan Pendataan Kebudayaan).

Popular Posts